Sitorus, Tio Aiga (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Structured Dyadic Methods terhadap Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP N 4 Laguboti Tahun Pembelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.21821111012 COVER.pdf
Download (46kB)
2.NIM.21821111012 APPROVAL SHEET.pdf
Download (451kB)
3.NIM.21821111012 ABSTRACT.pdf
Download (46kB)
4.NIM.21821111012 PREFACE.pdf
Download (85kB)
5.NIM.21821111012 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (70kB)
6.NIM.21821111012 TABLES.pdf
Download (70kB)
7.NIM.21821111012 CHAPTER I.pdf
Download (371kB)
8.NIM.21821111012 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (755kB)
9.NIM.21821111012 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (551kB)
10.NIM.21821111012 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11.NIM.21821111012 CHAPTER V.pdf
Download (80kB)
12.NIM.21821111012 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (109kB)
13.NIM.21821111012 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengetahui keterampilan menulis naskah drama
siswa kelas VIII SMP N 4 Laguboti sebelum menggunakan model pembelajaran
structured dyadic methods. (2) Mengetahui keterampilan menulis naskah drama siswa
kelas VIII SMP N 4 Laguboti sesudah menggunakan model pembelajaran structured
dyadic methods. (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran structured dyadic
methods terhadap keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP N 4
Laguboti. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 4 Laguboti dengan
sampel sebanyak 31 peserta didik dengan model pembelajaran Structured Dyadic
Methods. Instrumen pada penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tema,
amanat, alur, penokohan, dialog, latar, bahasa, prolog, orientasi, komplikasi, resolusi,
epilog. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.
Penarikan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Data yang diperoleh di
dapatkan melalui penyebaran angket. Teknik analisis data menggunakan uji
persyaratan analisis, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Hasil penelitian
pada saat pre-test diperoleh nilai rata-rata sebesar 49. Perolehan hasil menulis naskah
drama pada saat pre-test berada pada rentang yang paling banyak jumlahnya atau
persentasi perolehan nilai siswa pada kategori kurang dengan persentasi 42%. Hasil
penelitian pada saat post-test diperoleh nilai rata-rata sebesar 79. Perolehan hasil
menulis naskah drama pada saat post-test berada pada rentang yang paling banyak
jumlahnya atau persentasi perolehan nilai siswa pada kategori sangat baik dengan
persentasi 55%. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang cukup signifikan dari
penggunaan model structured dyadic methods terhadp keterampilan menulis naskah
drama oleh siswa kelas VIII SMP N 4 Laguboti tahun pembelajaran 2021/2022.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | model pembelajaran; structured dyadic methods; keterampilan menulis; naskah drama |
| Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Ricky Syahrizal |
| Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:35 |
| Last Modified: | 22 Jul 2025 03:35 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64141 |
