Dewi, Evi Rizkita (2024) PENGEMBANGAN MATERI TEKS FABEL BERBANTUAN MEDIA CAPCUT VIDEO EDITING DI KELAS VII SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
2203111001_Cover.pdf
Download (193kB)
2203111001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
2203111001_Abstrak.pdf
Download (122kB)
2203111001_Kata_Pengantar.pdf
Download (159kB)
2203111001_Daftar_Isi.pdf
Download (122kB)
2203111001_Daftar_Tabel.pdf
Download (69kB)
2203111001_Daftar_Gambar.pdf
Download (73kB)
2203111001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (66kB)
2203111001_BAB_I.pdf
Download (322kB)
2203111001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2203111001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (595kB)
2203111001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
2203111001_BAB_V.pdf
Download (154kB)
2203111001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (137kB)
2203111001_Lampiran.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi ajar teks fabel berbentuk video berbantuan media CapCut Video Editing kelas VII SMP. Materi ajar ini diharapkan mampu membantu siswa dalam melaksanakan proses belajar mengajar
di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang menggunakan prosedur penelitian Borg and Gall. Produk yang dikembangkan dari penelitian ini adalah materi ajar teks fabel berbentuk video. Subjek penelitian
pengembangan ini diantaranya validator ahli materi, validator ahli media, dan siswa kelas VII 1 SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan diantaranya wawancara dengan guru mata pelajaran dan angket yang akan digunakan untuk mengetahui kebutuhan siswa dan validasi kelayakan terhadap produk yang dikembangkan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar angket kebutuhan siswa, validasi ahli materi, ahli media. Hasil
penelitian ini menunjukkan jika produk yang dikembangkan dari penelitian ini yaitu materi ajar teks fabel berbentuk video berbantuan media CapCut Video Editing kelas VII SMP sudah dalam kualifikasi sangat baik dengan nilai dari
validator ahli materi sebesar 85%, validator ahli media sebesar 91,5% dan respon dari siswa kelas VII 1 ialah 87,9 % didapatkan rata-rata nilai sebesar 88% sehingga dapat disimpulkan produk pada penelitian ini sangat layak untuk
digunakan oleh siswa dalam pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan; materi ajar; teks fabel; CapCut Video Editing |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 03:09 |
| Last Modified: | 21 Jul 2025 03:09 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64015 |
