PENGARUH METODE CHAIN WRITING TERHADAP KETERAMPILANMENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIIIMTS NURULISLAMINDONESIABARU TAHUN AJARAN 2023/2024

Afrillia, Diza (2024) PENGARUH METODE CHAIN WRITING TERHADAP KETERAMPILANMENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIIIMTS NURULISLAMINDONESIABARU TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2202111004_Cover.pdf] Text
2202111004_Cover.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 2202111004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2202111004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2202111004_Abstrak.pdf] Text
2202111004_Abstrak.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 2202111004_Kata_Pengantar.pdf] Text
2202111004_Kata_Pengantar.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 2202111004_Daftar_Isi.pdf] Text
2202111004_Daftar_Isi.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 2202111004_Daftar_Tabel.pdf] Text
2202111004_Daftar_Tabel.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 2202111004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2202111004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 2202111004_BAB_I.pdf] Text
2202111004_BAB_I.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of 2202111004_BAB_II.pdf] Text
2202111004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)
[thumbnail of 2202111004_BAB_III.pdf] Text
2202111004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[thumbnail of 2202111004_BAB_IV.pdf] Text
2202111004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (869kB)
[thumbnail of 2202111004_BAB_V.pdf] Text
2202111004_BAB_V.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 2202111004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2202111004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 2202111004_Lampiran.pdf] Text
2202111004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keterampilan menulis teks persuasi siswa kelas VIII Mts Nurul Islam Indonesia serta menganalisis bagaimana keterampilan menulis teks persuasi siwa kelas VIII MTs Nurul Islam Indonesia setelah diterapkan metode chain writing. Populasi dari penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Indonesia sebanyak 64 orang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 42 siswa, dengan rincian siswa kelas VIII-2 yang berjumlah 21 siswa sebagai kelompok kontrol dan kelas VIII-3 yang berjumlah 21 siswa sebagai kelompok eksperimen pada penelitian ini. Penelitian ini
menggunakan desain post-test only control group design. Instrumen yang digunakan adalah tes essai. Analisis data meliputi uji hipotesis, uji normalitas pada kelas kontrol dan eksperimen, serta uji persyaratan analitis pada kedua kelas. Hasil dari penelitian ini yang Pertama, keterampilan menulis teks persuasi siswa pada kelas kontrol dengan metode ceramah memperoleh nilai rata-rata post-test yaitu 52,85. Kedua, keterampilan menulis siswa pada kelas eksperimen dengan metode chain writing memperoleh nilai rata-rata post-test yaitu 80. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai kemampuan siswa menulis teks persuasi di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Ketiga, berdasarkan
hasil data yang telah dianalisis pada kedua kelas maka diperoleh t hitung = 4,27 dan t tabel = 1,720 sehingga disimpulkan jika t hitung > t tabel yakni 4,27 >
1,720, yang berarti hipotesis nihil (0) ditolak dan hipotesis alternatif () diterima. Maka, dapat dikatakan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode chain writing memiliki pengaruh terhadap keterampilan
menulis teks persuasi siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Indonesia pada tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Chain Writing; Keterampilan Menulis; Teks Persuasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Jul 2025 02:42
Last Modified: 21 Jul 2025 02:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64002

Actions (login required)

View Item
View Item