Arnar, Canty Risa (2024) PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BISNIS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN STAMBUK 2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
7203143028_Cover.pdf
Download (457kB)
7203143028_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
7203143028_Abstrak.pdf
Download (774kB)
7203143028_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
7203143028_Daftar_Isi.pdf
Download (962kB)
7203143028_Daftar_Tabel.pdf
Download (438kB)
7203143028_Daftar_Gambar.pdf
Download (431kB)
7203143028_Daftar_Lampiran.pdf
Download (436kB)
7203143028_BAB_I.pdf
Download (4MB)
7203143028_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
7203143028_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
7203143028_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
7203143028_BAB_V.pdf
Download (940kB)
7203143028_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
7203143028_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Penggunaan Media Sosial terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bisnis Universitas Negeri Medan Angkatan 2021.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan angket. Penulis menggunakan 73 populasi. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 73 mahasiswa dengan teknik total sampling. Pengujian validitas instrumen penelitian yang digunakan melalui perumusan product moment sedangkan pengujian reliabilitas dilaksanakan pada teknik cronbach alpha. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda. Dengan teknik pengujian hipotesis baik secara parsial maupun simultan serta menggunakan alat pengukur koefisien determinasi (R).
Hasil penelitian yang dapat diketahui dari perolehan data statistik membuktikan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel Pengetahuan Kewirausahaan dan Penggunaan Media Sosial terhadap Minat Berwirausa. Adapun perolehan persamaan yang dapat dilakukan yaitu Y = 25,718 + 0,243X1 + 0,468X2. Hasil pengujian hipotesis dapat diketahui secara parsial dan simultan Pertama, secara parsial pada variabel Pengetahuan Kewirausahaan (X1) diperoleh thitung sebesar 3,144 dengan demikian thitung > ttabel (3,144 > 1,666) dengan tarif signifikan 0,002 < 0,05. Kedua, pada variabel Penggunaan Media Sosial (X2) diperoleh thitung sebesar 5,123 dengan demikian thitung > ttabel (5,123 > 1,666) dengan tarif signifikan 0,000 < 0,05. Kemudia pada pengujian hipotesis secara simultan juga di dapat data sebesar Fhitung > Ftabel yaitu 51,830 > 3,13 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Oleh karena itu didapatkan pula perolehan data pada uji koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,597 artinya Pengetahuan Kewirausahaan dan Penggunaan Media Sosial secara bersamaan memberikan kontribusi terhadap Minat Berwirausaha sebesar 59,7% dan sisanya 40,3% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengetahuan Kewirausahaan, Penggunaan Media Sosial, Minat Berwirausaha |
| Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5381 Vocational guidance. Career devlopment |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 02:30 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 02:30 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63787 |
