Analisis Pelaksanaan Asesmen di Kelas Inklusi TK Negeri Pembina 1 Medan T.A 2024/2025.

Barus, Emy Florentina (2025) Analisis Pelaksanaan Asesmen di Kelas Inklusi TK Negeri Pembina 1 Medan T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1213113066_Cover.pdf] Text
1213113066_Cover.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 1213113066_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1213113066_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of 1213113066_Kata_Pengantar.pdf] Text
1213113066_Kata_Pengantar.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 1213113066_Abstrak.pdf] Text
1213113066_Abstrak.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 1213113066_Daftar_Isi.pdf] Text
1213113066_Daftar_Isi.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 1213113066_Daftar_Tabel.pdf] Text
1213113066_Daftar_Tabel.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1213113066_Daftar_Gambar.pdf] Text
1213113066_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1213113066_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1213113066_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1213113066_BAB_I.pdf] Text
1213113066_BAB_I.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of 1213113066_BAB_II.pdf] Text
1213113066_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)
[thumbnail of 1213113066_BAB_III.pdf] Text
1213113066_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[thumbnail of 1213113066_BAB_IV.pdf] Text
1213113066_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[thumbnail of 1213113066_BAB_V.pdf] Text
1213113066_BAB_V.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 1213113066_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1213113066_Daftar_Pustaka.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 1213113066_Lampiran.pdf] Text
1213113066_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan-tahapan pelaksanaan Asesmen di Kelas Inklusi TK Negeri Pembina 1 Medan. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 4
Orang guru kelas Inklusi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan asemen di Kelas Inklusi TK Negeri Pembina 1 Medan dilakukan
menjadi 2 bagian berupa asesmen anak berkebutuhan khusus dan asesmen anak regular. Pelaksanaan asesmen pada anak berkebutuhan terdiri atas 9 tahapan dimulai dari pengumpulan informasi awal, observasi, wawancara, kolaborasi tim,
analisis data, Rencana Pendidikan Individual, Implementasi dan pemantauan, serta evaluasi periodik. Pada pelaksanaan asesmen anak berkebutuhan khusus di TK Pembina sudah dilakukan dengan melalui 9 tahapan bagi anak berkebutuhan
khusus, namun dengan tahapan Rencana Pendidikan Individual (RPI), implementasi dan pemantauan serta evaluasi dilakukan belum sesuai dengan yang seharusnya dilakukan, masih ditemukan perbedaan dan kekurangan dari pelaksanaan tiga tahap tersebut di mana Pada tahapan Rencana Pendidikan
Individual tidak dilakukan penyusunan RPI bagi anak berkebutuhan Khusus, melainkan menggunakan Modul yang sama dengan anak reguler, hal ini berlanjut pada tahap selanjutnya yang di mana tahap pengimplementasian dan pemantauan dan evaluasi periodik tidak dapat dimaksimalkan sebab pada Tahap RPI tidak dilaksanakan dengan semestinya. Untuk pelaksanaan asesmen bagi anak regular dilakukan melalui tiga tahapan di dalamnya yaitu Pengumpulan data, Pengolahan dan Pelaporan Kegiatan asesmen dimulai dengan pengumpulan data melalui kegiatan penyusunan kriteria, pengimplementasian, pengumpulan data, dilanjutkan dengan tahap pengolahan dan pelaporan dalam bentuk portofoli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Asesmen; Kelas inklusi; Anak berkebutuhan khusus
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education > LC4001 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 30 Jun 2025 03:18
Last Modified: 30 Jun 2025 03:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62908

Actions (login required)

View Item
View Item