Barus, Emy Florentina (2025) Analisis Pelaksanaan Asesmen di Kelas Inklusi TK Negeri Pembina 1 Medan T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1213113066_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213113066_Cover.pdf
Download (122kB)
![[thumbnail of 1213113066_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213113066_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (329kB)
![[thumbnail of 1213113066_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213113066_Kata_Pengantar.pdf
Download (236kB)
![[thumbnail of 1213113066_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213113066_Abstrak.pdf
Download (139kB)
![[thumbnail of 1213113066_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213113066_Daftar_Isi.pdf
Download (204kB)
![[thumbnail of 1213113066_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213113066_Daftar_Tabel.pdf
Download (109kB)
![[thumbnail of 1213113066_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213113066_Daftar_Gambar.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 1213113066_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213113066_Daftar_Lampiran.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 1213113066_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213113066_BAB_I.pdf
Download (370kB)
![[thumbnail of 1213113066_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213113066_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (791kB)
![[thumbnail of 1213113066_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213113066_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (533kB)
![[thumbnail of 1213113066_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213113066_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (545kB)
![[thumbnail of 1213113066_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213113066_BAB_V.pdf
Download (139kB)
![[thumbnail of 1213113066_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213113066_Daftar_Pustaka.pdf
Download (265kB)
![[thumbnail of 1213113066_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213113066_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan-tahapan pelaksanaan Asesmen di Kelas Inklusi TK Negeri Pembina 1 Medan. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 4
Orang guru kelas Inklusi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan asemen di Kelas Inklusi TK Negeri Pembina 1 Medan dilakukan
menjadi 2 bagian berupa asesmen anak berkebutuhan khusus dan asesmen anak regular. Pelaksanaan asesmen pada anak berkebutuhan terdiri atas 9 tahapan dimulai dari pengumpulan informasi awal, observasi, wawancara, kolaborasi tim,
analisis data, Rencana Pendidikan Individual, Implementasi dan pemantauan, serta evaluasi periodik. Pada pelaksanaan asesmen anak berkebutuhan khusus di TK Pembina sudah dilakukan dengan melalui 9 tahapan bagi anak berkebutuhan
khusus, namun dengan tahapan Rencana Pendidikan Individual (RPI), implementasi dan pemantauan serta evaluasi dilakukan belum sesuai dengan yang seharusnya dilakukan, masih ditemukan perbedaan dan kekurangan dari pelaksanaan tiga tahap tersebut di mana Pada tahapan Rencana Pendidikan
Individual tidak dilakukan penyusunan RPI bagi anak berkebutuhan Khusus, melainkan menggunakan Modul yang sama dengan anak reguler, hal ini berlanjut pada tahap selanjutnya yang di mana tahap pengimplementasian dan pemantauan dan evaluasi periodik tidak dapat dimaksimalkan sebab pada Tahap RPI tidak dilaksanakan dengan semestinya. Untuk pelaksanaan asesmen bagi anak regular dilakukan melalui tiga tahapan di dalamnya yaitu Pengumpulan data, Pengolahan dan Pelaporan Kegiatan asesmen dimulai dengan pengumpulan data melalui kegiatan penyusunan kriteria, pengimplementasian, pengumpulan data, dilanjutkan dengan tahap pengolahan dan pelaporan dalam bentuk portofoli
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Asesmen; Kelas inklusi; Anak berkebutuhan khusus |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education > LC4001 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 03:18 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 03:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62908 |