IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 11 MEDAN

Tobing, Ervana Sartika (2024) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 11 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2193131015_Cover.pdf] Text
2193131015_Cover.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 2193131015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2193131015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2193131015_Abstrak.pdf] Text
2193131015_Abstrak.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 2193131015_Kata_Pengantar.pdf] Text
2193131015_Kata_Pengantar.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of 2193131015_Daftar_Isi.pdf] Text
2193131015_Daftar_Isi.pdf

Download (478kB)
[thumbnail of 2193131015_Daftar_Tabel.pdf] Text
2193131015_Daftar_Tabel.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 2193131015_BAB_I.pdf] Text
2193131015_BAB_I.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of 2193131015_BAB_II.pdf] Text
2193131015_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[thumbnail of 2193131015_BAB_III.pdf] Text
2193131015_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)
[thumbnail of 2193131015_BAB_IV.pdf] Text
2193131015_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2193131015_BAB_V.pdf] Text
2193131015_BAB_V.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of 2193131015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2193131015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 2193131015_Lampiran.pdf] Text
2193131015_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran
Pop Up Book untuk meningkatkan kemampuan tata bahasa Prancis siswa kelas XI
IPA 1 SMA Negeri Medan. Subjek penelitian berjumlah 36 orang. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan tata bahasa dalam bahasa Prancis. Penelitian ini dilakukan dalam dua
siklus pendek, dari tanggal 14 Mei 2024 hingga 23 Mei 2024. Setiap siklus
meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini,
terdapat dua sesi pembelajaran, masing-masing berlangsung selama 45 menit.
Data penelitian diperoleh dari data kuantitatif dan kuantitaif, yaitu observasi,
wawancara, kuesioner, catatan lapangan dan hasil tes. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar dapat meningkatkan kemampuan tata
bahasa Perancis siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 11 Medan. Pada pre-test,
hanya 4 peserta yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang
ditetapkan oleh guru. Sebanyak 32 siswa mendapat nilai di bawah KKM. Nilai
rata-rata siswa adalah 50,72. Pada kegiatan pembelajaran siklus I dengan media
pembelajaran Pop Up Book, nilai rata-rata siklus I mengalami peningkatan, yaitu
11 peserta didik mencapai KKM, sedangkan 25 peserta didik tidak mencapai
KKM. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yaitu sebanyak
11 siswa mencapai KKM, sedangkan 25 siswa tidak mencapai KKM. Pada Siklus
II, nilai rata-rata siswa terus mengalami peningkatan, dimana 28 siswa mendapat
nilai sesuai KKM, sedangkan 8 siswa mendapat nilai di bawah KKM. Oleh karena
itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Pop Up Book
dapat meningkatkan kemampuan tata bahasa di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 11
Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pop Up Book; Media pembelajaran; Keterampilan tata bahasa;
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Ricky Syahrizal
Date Deposited: 30 Jun 2025 03:05
Last Modified: 01 Jul 2025 01:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62904

Actions (login required)

View Item
View Item