Analisis Peran Guru dalam Menghadapi Perilaku Tantrum Anak dengan Diagnosa Autis di TK Karunia Medan Johor

Lumban Tobing, Devina (2025) Analisis Peran Guru dalam Menghadapi Perilaku Tantrum Anak dengan Diagnosa Autis di TK Karunia Medan Johor. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203113025_Cover.pdf] Text
1203113025_Cover.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 1203113025_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203113025_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 1203113025_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203113025_Kata_Pengantar.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 1203113025_Abstrak.pdf] Text
1203113025_Abstrak.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 1203113025_Daftar_Isi.pdf] Text
1203113025_Daftar_Isi.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 1203113025_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203113025_Daftar_Tabel.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1203113025_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203113025_Daftar_Gambar.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1203113025_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203113025_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1203113025_BAB_I.pdf] Text
1203113025_BAB_I.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of 1203113025_BAB_II.pdf] Text
1203113025_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)
[thumbnail of 1203113025_BAB_III.pdf] Text
1203113025_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[thumbnail of 1203113025_BAB_IV.pdf] Text
1203113025_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[thumbnail of 1203113025_BAB_V.pdf] Text
1203113025_BAB_V.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 1203113025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203113025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of 1203113025_Lampiran.pdf] Text
1203113025_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku tantrum anak dengan diagnosa autis di TK Karunia Medan Johor serta Peran yang diberikan oleh guru dalam menghadapi perilaku tantrum anak dengan diagnosa autis di TK Karunia Medan Johor. Perilaku tantrum merupakan ledakan emosi atau luapan kemarahan yang dilakukan oleh anak, hal ini dapat diatasi dengan peranan guru yang dimana peran guru merupakan tugas atau tanggung jawab yang diemban oleh seorang pendidik dalam proses pembelajaran dan pengembangan siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang anak dengan diagnosa autis serta subjek dalam penelitian ini berjumlah 1 orang guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku tantrum yang terjadi pada anak yaitu, tantrum manipulatif, frustasi verbal serta tantrum tempramental. Peran yang diberikan yaitu sebagai pembimbing
dimana guru membantu anak-anak mengelola emosi, fasilitator yang berperan membantu anak-anak mengelola emosi, mediator yaitu sebagai penengah serta motivator yang berperan memberikan pujian serta dorongan kepada anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Autisme; Perilaku Tantrum; Peran Guru
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education > LC4001 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 26 Jun 2025 04:35
Last Modified: 26 Jun 2025 04:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62864

Actions (login required)

View Item
View Item