Lumban Tobing, Devina (2025) Analisis Peran Guru dalam Menghadapi Perilaku Tantrum Anak dengan Diagnosa Autis di TK Karunia Medan Johor. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203113025_Cover.pdf
Download (121kB)
1203113025_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (284kB)
1203113025_Kata_Pengantar.pdf
Download (236kB)
1203113025_Abstrak.pdf
Download (139kB)
1203113025_Daftar_Isi.pdf
Download (191kB)
1203113025_Daftar_Tabel.pdf
Download (109kB)
1203113025_Daftar_Gambar.pdf
Download (109kB)
1203113025_Daftar_Lampiran.pdf
Download (110kB)
1203113025_BAB_I.pdf
Download (398kB)
1203113025_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (847kB)
1203113025_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (368kB)
1203113025_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (410kB)
1203113025_BAB_V.pdf
Download (136kB)
1203113025_Daftar_Pustaka.pdf
Download (319kB)
1203113025_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (602kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku tantrum anak dengan diagnosa autis di TK Karunia Medan Johor serta Peran yang diberikan oleh guru dalam menghadapi perilaku tantrum anak dengan diagnosa autis di TK Karunia Medan Johor. Perilaku tantrum merupakan ledakan emosi atau luapan kemarahan yang dilakukan oleh anak, hal ini dapat diatasi dengan peranan guru yang dimana peran guru merupakan tugas atau tanggung jawab yang diemban oleh seorang pendidik dalam proses pembelajaran dan pengembangan siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang anak dengan diagnosa autis serta subjek dalam penelitian ini berjumlah 1 orang guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku tantrum yang terjadi pada anak yaitu, tantrum manipulatif, frustasi verbal serta tantrum tempramental. Peran yang diberikan yaitu sebagai pembimbing
dimana guru membantu anak-anak mengelola emosi, fasilitator yang berperan membantu anak-anak mengelola emosi, mediator yaitu sebagai penengah serta motivator yang berperan memberikan pujian serta dorongan kepada anak
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Autisme; Perilaku Tantrum; Peran Guru |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education > LC4001 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 26 Jun 2025 04:35 |
| Last Modified: | 26 Jun 2025 04:35 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62864 |
