Pengembangan Model Pembelajaran High Scope Berbasis Pendidikan Inklusif Authentic Instructional Bagi Guru Paud Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Anak Usia Dini Di Taman Kanak Kanak Kota Medan

Hasibuan, Rabitah Hanum (2024) Pengembangan Model Pembelajaran High Scope Berbasis Pendidikan Inklusif Authentic Instructional Bagi Guru Paud Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Anak Usia Dini Di Taman Kanak Kanak Kota Medan. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206184001_Cover.pdf] Text
8206184001_Cover.pdf

Download (716kB)
[thumbnail of 8206184001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206184001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8206184001_Abstrak.pdf] Text
8206184001_Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8206184001_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206184001_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8206184001_Daftar_Isi.pdf] Text
8206184001_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8206184001_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206184001_Daftar_Tabel.pdf

Download (965kB)
[thumbnail of 8206184001_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206184001_Daftar_Gambar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8206184001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206184001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (524kB)
[thumbnail of 8206184001_BAB_I.pdf] Text
8206184001_BAB_I.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 8206184001_BAB_V.pdf] Text
8206184001_BAB_V.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 8206184001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206184001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan terkait kemampuan berfikir kreatif yang selama ini kurang mengaitkan pada pendidikan inklusif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji tingkat kevalidan, kepraktisan serta keefektifan model pembelajaran High Scope Plan Do Review berbasis Pendidikan Inklusif Authentic Instructional (HSBI) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif anak usia dini di Taman Kanak – Kanak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metodologi development research dengan 5 tahap pengembangan dari Plomp (1997) dengan tahapan : 1) pengkajian awal (define), 2) perancangan (design), 3) realisasi (konstruksi), 4) pengujian, Evaluasi, dan revisi (develop), 5) implementasi secara luas (eksperimen). Penelitian pengembangan model pembelajaran High Scope Plan Do Review berbasis pendidikan inklusif Authentic Instructional (HSBI) dikembangkan memenuhi kriteria komponen model pembelajaran yakni : sintaks model; sistem sosial, prinsip reaksi pengelolaan, sistem pendukung, dan dampak instruksional dan penggiring, serta instrumen instrumen yang diperlukan. Instrumen yang dikembangkan berupa lembar validasi model pembelajaran dan perangkat pembelajaran yang divalidasi oleh ahli dan praktisi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran High Scope Plan Do Review berbasis Pendidikan Inklusif Authentic Instructional (HSBI) memenuhi kriteria valid baik dari segi isi dan konstruk, tingkat kepraktisan yang tinggi dan efektif untuk kemampuan berfikir kreatif anak usia dini. Implikasi penelitian ini berupa model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Rekomendasi bagi peneliti selanjutnya supaya menguji lebih lanjut model pembelajaran High Scope Plan Do Review berbasis Pendidikan Inklusif Authentic Instructional (HSBI) dengan melibatkan responden dan cakupan materi lain, baik di tingkat Taman kanak kanak maupun Paud Sejenisnya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 372.21 Has p
Keywords: Kemampuan Berfikir Kreatif, Model Pembelajaran High Scope ,Pendidikan Inklusif Authentic Instructional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 May 2025 05:32
Last Modified: 07 May 2025 05:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62187

Actions (login required)

View Item
View Item