Hasibuan, Rabitah Hanum (2024) Pengembangan Model Pembelajaran High Scope Berbasis Pendidikan Inklusif Authentic Instructional Bagi Guru Paud Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Anak Usia Dini Di Taman Kanak Kanak Kota Medan. Doctoral thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8206184001_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206184001_Cover.pdf
Download (716kB)
![[thumbnail of 8206184001_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206184001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8206184001_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206184001_Abstrak.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8206184001_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206184001_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8206184001_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206184001_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8206184001_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206184001_Daftar_Tabel.pdf
Download (965kB)
![[thumbnail of 8206184001_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206184001_Daftar_Gambar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8206184001_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206184001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (524kB)
![[thumbnail of 8206184001_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206184001_BAB_I.pdf
Download (8MB)
![[thumbnail of 8206184001_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206184001_BAB_V.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 8206184001_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8206184001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini didasari oleh permasalahan terkait kemampuan berfikir kreatif yang selama ini kurang mengaitkan pada pendidikan inklusif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji tingkat kevalidan, kepraktisan serta keefektifan model pembelajaran High Scope Plan Do Review berbasis Pendidikan Inklusif Authentic Instructional (HSBI) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif anak usia dini di Taman Kanak – Kanak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metodologi development research dengan 5 tahap pengembangan dari Plomp (1997) dengan tahapan : 1) pengkajian awal (define), 2) perancangan (design), 3) realisasi (konstruksi), 4) pengujian, Evaluasi, dan revisi (develop), 5) implementasi secara luas (eksperimen). Penelitian pengembangan model pembelajaran High Scope Plan Do Review berbasis pendidikan inklusif Authentic Instructional (HSBI) dikembangkan memenuhi kriteria komponen model pembelajaran yakni : sintaks model; sistem sosial, prinsip reaksi pengelolaan, sistem pendukung, dan dampak instruksional dan penggiring, serta instrumen instrumen yang diperlukan. Instrumen yang dikembangkan berupa lembar validasi model pembelajaran dan perangkat pembelajaran yang divalidasi oleh ahli dan praktisi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran High Scope Plan Do Review berbasis Pendidikan Inklusif Authentic Instructional (HSBI) memenuhi kriteria valid baik dari segi isi dan konstruk, tingkat kepraktisan yang tinggi dan efektif untuk kemampuan berfikir kreatif anak usia dini. Implikasi penelitian ini berupa model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Rekomendasi bagi peneliti selanjutnya supaya menguji lebih lanjut model pembelajaran High Scope Plan Do Review berbasis Pendidikan Inklusif Authentic Instructional (HSBI) dengan melibatkan responden dan cakupan materi lain, baik di tingkat Taman kanak kanak maupun Paud Sejenisnya.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 372.21 Has p |
Keywords: | Kemampuan Berfikir Kreatif, Model Pembelajaran High Scope ,Pendidikan Inklusif Authentic Instructional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 07 May 2025 05:32 |
Last Modified: | 07 May 2025 05:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62187 |