PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND L EARNING (CTL )BERBA NTUAN CANVA UNT UK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI SISWA KELAS V SD NEGERI 101964 JAHARUN AKECAMATAN GALANG

Saragih, Cindi Safitra (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND L EARNING (CTL )BERBA NTUAN CANVA UNT UK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI SISWA KELAS V SD NEGERI 101964 JAHARUN AKECAMATAN GALANG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226182023_Cover.pdf] Text
8226182023_Cover.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 8226182023_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226182023_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (569kB)
[thumbnail of 8226182023_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226182023_Kata_Pengantar.pdf

Download (581kB)
[thumbnail of 8226182023_Abstrak.pdf] Text
8226182023_Abstrak.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 8226182023_Daftar_Isi.pdf] Text
8226182023_Daftar_Isi.pdf

Download (594kB)
[thumbnail of 8226182023_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226182023_Daftar_Tabel.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of 8226182023_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226182023_Daftar_Lampiran.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of 8226182023_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226182023_Daftar_Gambar.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 8226182023_BAB_I.pdf] Text
8226182023_BAB_I.pdf

Download (917kB)
[thumbnail of 8226182023_BAB_V.pdf] Text
8226182023_BAB_V.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 8226182023_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226182023_Daftar_Pustaka.pdf

Download (378kB)

Abstract

Matematika merupakan suatu ilmu dasar yang mempunyai pengaruh sangat penting dalam kehidupan, karena matematika dapat mempersiapkan dan mengembangkan kemampuan siswa dalam berpikir logis, luwes dan tepat untuk menyelesaikan suatu permasalahan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan LKPD matematika untuk siswa Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui validitas LKPD berbasis CTL pada materi kubus dan balok; 2) mengetahui praktikalitas LKPD berbasis CTL pada materi kubus dan balok; dan 3) mengetahui efektivitas LKPD berbasis CTL pada materi kubus dan balok. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 101964 Jaharun A dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 25 orang. Validator dalam penelitian ini terdiri atas ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Guru beserta siswa selaku pengguna produk sebagai penguji praktikalitas LKPD berbasis CTL. Jenis penelitian ini adalah research and development dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, lembar validasi, angket respon guru dan siswa, serta instrumen tes berbentuk esai tes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan tes, dengan teknik analisis data uji validitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitas untuk instrumen tes, dan uji n-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis CTL dinyatakan layak karena telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika materi kubus dan balok.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.7 Sar p
Keywords: LKPD, Contextual Teaching and Learning, Canva
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Mar 2025 06:26
Last Modified: 23 Apr 2025 07:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61508

Actions (login required)

View Item
View Item