Saragih, Cindi Safitra (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND L EARNING (CTL )BERBA NTUAN CANVA UNT UK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI SISWA KELAS V SD NEGERI 101964 JAHARUN AKECAMATAN GALANG. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8226182023_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182023_Cover.pdf
Download (132kB)
![[thumbnail of 8226182023_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182023_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (569kB)
![[thumbnail of 8226182023_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182023_Kata_Pengantar.pdf
Download (581kB)
![[thumbnail of 8226182023_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182023_Abstrak.pdf
Download (246kB)
![[thumbnail of 8226182023_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182023_Daftar_Isi.pdf
Download (594kB)
![[thumbnail of 8226182023_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182023_Daftar_Tabel.pdf
Download (453kB)
![[thumbnail of 8226182023_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182023_Daftar_Lampiran.pdf
Download (422kB)
![[thumbnail of 8226182023_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182023_Daftar_Gambar.pdf
Download (138kB)
![[thumbnail of 8226182023_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182023_BAB_I.pdf
Download (917kB)
![[thumbnail of 8226182023_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182023_BAB_V.pdf
Download (306kB)
![[thumbnail of 8226182023_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182023_Daftar_Pustaka.pdf
Download (378kB)
Abstract
Matematika merupakan suatu ilmu dasar yang mempunyai pengaruh sangat penting dalam kehidupan, karena matematika dapat mempersiapkan dan mengembangkan kemampuan siswa dalam berpikir logis, luwes dan tepat untuk menyelesaikan suatu permasalahan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan LKPD matematika untuk siswa Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui validitas LKPD berbasis CTL pada materi kubus dan balok; 2) mengetahui praktikalitas LKPD berbasis CTL pada materi kubus dan balok; dan 3) mengetahui efektivitas LKPD berbasis CTL pada materi kubus dan balok. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 101964 Jaharun A dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 25 orang. Validator dalam penelitian ini terdiri atas ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Guru beserta siswa selaku pengguna produk sebagai penguji praktikalitas LKPD berbasis CTL. Jenis penelitian ini adalah research and development dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, lembar validasi, angket respon guru dan siswa, serta instrumen tes berbentuk esai tes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan tes, dengan teknik analisis data uji validitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitas untuk instrumen tes, dan uji n-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis CTL dinyatakan layak karena telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika materi kubus dan balok.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Sar p |
Keywords: | LKPD, Contextual Teaching and Learning, Canva |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 06:26 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 07:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61508 |