PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN 101831 BINTANG MERIAH

Parapat, Ruth Faith Lovita (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN 101831 BINTANG MERIAH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202411017_Cover.pdf] Text
1202411017_Cover.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 1202411017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202411017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (847kB)
[thumbnail of 1202411017_Abstrak.pdf] Text
1202411017_Abstrak.pdf

Download (497kB)
[thumbnail of 1202411017_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202411017_Kata_Pengantar.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of 1202411017_Daftar_Isi.pdf] Text
1202411017_Daftar_Isi.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of 1202411017_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202411017_Daftar_Gambar.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 1202411017_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202411017_Daftar_Tabel.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 1202411017_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202411017_Daftar_Lampiran.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 1202411017_BAB_I.pdf] Text
1202411017_BAB_I.pdf

Download (680kB)
[thumbnail of 1202411017_BAB_V.pdf] Text
1202411017_BAB_V.pdf

Download (496kB)
[thumbnail of 1202411017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202411017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (375kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran
Artikulasi Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN 101831
Bintang Meriah. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN
101831 Bintang Meriah yang berjumlah 40 orang dan terbagi dalam 2 kelas yaitu
kelas IV-A dan kelas IV-B, seluruh populasi yang ada sekaligus dijadikan sebagai
sampel penelitian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi eksperimen
dengan desainnya Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Desain. Adapun
Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes perbuatan lisan dengan berbicara
berdasarkan rangsang visual dan suara. Teknik analisis data pada penelitian ini
menggunakan uji t-test. Hasil perhitungan data keterampilan berbicara siswa
diperoleh thitung 11,72 > ttabel 2,024, dengan taraf signifikansi � 0,05. Maka Ha
diterima dan Ho ditolak yang berarti dengan penerapan model pembelajaran
artikulasi terhadap keterampilan berbicara siswa IV SDN 101831 Bintang Meriah
lebih tinggi dari pada siswa kelas IV yang diajarkan dengan model pembelajaran
ceramah.Sehingga dapat diberi simpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
model pembelajaran artikulasi terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV
SDN 101831 Bintang Meriah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model, Pembelajaran, Artikulasi, Keterampilan, Berbicara.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 12 Jun 2025 07:30
Last Modified: 12 Jun 2025 07:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61246

Actions (login required)

View Item
View Item