SILALAHI, ELSI K (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PATUNGKABI (PAPAN HITUNG PERKALIAN PEMBAGIAN) BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD N 11 SIPARMAHAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1202411012_Cover.pdf
Download (39kB)
1202411012_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (526kB)
1202411012_Abstrak.pdf
Download (178kB)
1202411012_Kata_Pengantar.pdf
Download (259kB)
1202411012_Daftar_Isi.pdf
Download (112kB)
1202411012_Daftar_Tabel.pdf
Download (52kB)
1202411012_Daftar_Gambar.pdf
Download (50kB)
1202411012_Daftar_Lampiran.pdf
Download (52kB)
1202411012_BAB_I.pdf
Download (416kB)
1202411012_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1202411012_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (813kB)
1202411012_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
1202411012_BAB_V.pdf
Download (203kB)
1202411012_Daftar_Pustaka.pdf
Download (368kB)
1202411012_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran Patungkabi (Papan Hitung Perkalian Pembagian) berbasis contextual learning yang valid, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD N 11 Siparmahan yang berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1). Menghasilkan media pembelajaran Patungkabi (Papan Hitung Perkalian Pembagian) pada materi operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah dikelas III. 2). Hasil validasi dari ahli media diperoleh persentase kelayakan sebesar 94% termasuk dalam kategori sangat layak. Validasi dari ahli materi menunjukkan persentase kelayakan 86%, juga termasuk dalam kategori sangat layak. Penilaian dari praktisi pembelajaran diperoleh persentase kelayakan 96%, yang tergolong dalam kategori sangat praktis. 3). Hasil uji coba lapangan media dinyatakan cukup efektif, terbukti dari hasil pretest dan posttest yang meningkat dari rata-rata nilai 48 menjadi rata-rata 83,2. Kemudian, diperoleh nilai skor N-Gain yaitu 0,701 yang termasuk kriteria “Tinggi”. Kategori tafsiran efektifitas media pembelajaran Patungkabi adalah sebesar 70,1 % yang dikategorikan “Cukup Efektif”.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan, Media, Kontekstual |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:45 |
| Last Modified: | 13 Aug 2025 05:57 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60476 |
