PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KUARTET BERBASIS APLIKASI CANVA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV SD NEGERI 060872 KEC.MEDAN PERJUANGAN TAHUN AJARAN 2023/2024

MANALU, EKA WIDAWATI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KUARTET BERBASIS APLIKASI CANVA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV SD NEGERI 060872 KEC.MEDAN PERJUANGAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111072_Cover.pdf] Text
1203111072_Cover.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 1203111072_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111072_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (931kB)
[thumbnail of 1203111072_Abstrak.pdf] Text
1203111072_Abstrak.pdf

Download (677kB)
[thumbnail of 1203111072_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111072_Kata_Pengantar.pdf

Download (702kB)
[thumbnail of 1203111072_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111072_Daftar_Isi.pdf

Download (546kB)
[thumbnail of 1203111072_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111072_Daftar_Gambar.pdf

Download (471kB)
[thumbnail of 1203111072_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111072_Daftar_Tabel.pdf

Download (476kB)
[thumbnail of 1203111072_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111072_Daftar_Lampiran.pdf

Download (475kB)
[thumbnail of 1203111072_BAB_I.pdf] Text
1203111072_BAB_I.pdf

Download (842kB)
[thumbnail of 1203111072_BAB_V.pdf] Text
1203111072_BAB_V.pdf

Download (629kB)
[thumbnail of 1203111072_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111072_Daftar_Pustaka.pdf

Download (773kB)

Abstract

Penelitan ini dilatar belakangi berdasarkan masalah yaitu, keterbatasan media
pembelajaran yang mengakibatkan kesulitan bagi siswa dalam memahami materi
selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan,
kepraktisan dan keefektifan dari media pembelajaran kartu kuartet berbasis
aplikasi canva pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SD Negeri
060872 Kec. Medan Perjuangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian
pengembangan (Research and Development) dengan model 4-D dengan 4 tahap
proses define, design, development, dan disseminate. Subjek penelitian ini adalah
kelas IV SDN 060872 Kec. Medan Perjuangan berjumlah 21 peserta didik. Teknik
pengumpulan data ang digunakan dalam penelitian yaitu wawancara, kuesioner
(angket), tes dan dokumentasi. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan
sebuah produk kartu kuartet berbasis aplikasi canva pada mata pelajaran
Pendidikan Pancasila kelas IV SD Negeri 060872 Kec. Medan Perjuangan. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Uji Kelayakan mendapatkan kategori
“layak” dengan rincian validator ahli materi memperoleh persentase 84% dan
validator ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 95% dengan kategori
“sangat layak”. 2). Uji Kepraktisan oleh guru kelas IV memperoleh persentase
92% dengan kategori “sangat praktis”. Uji Keefektifan diperoleh dari nilai ratarata
pre-test sebesar 57,1 dengan kategori “tidak tuntas” dan mempeoleh nilai
rata-rata post-test sebesar 83,3 dengan kategori “tuntas”. Dari hasil pengujian
terlihat nilai mengalami peningkatan sehingga kartu kuatet efektif diterapkan di
sekolah dengan kualifikasi sangat praktis. Dngan demikian, kartu kuartet berbasis
aplikasi canva pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SD Negeri
060872 Kec. Medan Perjuangan dinyatakan layak, praktis an efektif digunakan
sebagai bahan ajar yang menciptakan pembelajaran yang aktif dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan Kartu Kuartet, Aplikasi Canva, Mata Pelajaran, Pendidikan Pancasila, Kelas IV Sekolah Dasar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:48
Last Modified: 21 Jul 2025 07:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60449

Actions (login required)

View Item
View Item