EMOSI TOKOH UTAMA DALAM FILM DEAR DAVID KARYA LUCKY KUSWANDI: KAJIAN PERSPEKTIF DAVID KRECH

RAMADANI, RISKA EMOSI TOKOH UTAMA DALAM FILM DEAR DAVID KARYA LUCKY KUSWANDI: KAJIAN PERSPEKTIF DAVID KRECH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203510001_Cover.pdf] Text
2203510001_Cover.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 2203510001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203510001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2203510001_Abstrak.pdf] Text
2203510001_Abstrak.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 2203510001_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203510001_Kata_Pengantar.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 2203510001_Daftar_Isi.pdf] Text
2203510001_Daftar_Isi.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 2203510001_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203510001_Daftar_Tabel.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 2203510001_BAB_I.pdf] Text
2203510001_BAB_I.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 2203510001_BAB_V.pdf] Text
2203510001_BAB_V.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 2203510001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203510001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (98kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan emosi tokoh utama dalam film
Dear David karya Lucky Kuswandi dan konflik batin. Berbagai emosi tokoh
diungkapkan dengan teori klasifikasi emosi dari perspektif David Krech. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah teknik dokumenter. Data dianalisis berdasarkan teori
psikologi sastra David Krech dan teori konflik batin Kurt Lewin. Hasil dari
penelitian ini ditemukan emosi dominan yang dialami Laras adalah kesenangan
dan kesedihan, emosi ini paling sering muncul dalam film. Dalam hal konflik
batin, Laras paling sering mengalami konflik mendekat-menjauh (approachavoidance
conflic), dengan 6 data konflik yang menunjukkan pilihan antara
keuntungan dan risiko yang tidak menyenangkan. Laras juga mengalami konflik
menjauh-menjauh (avoidance-avoidance conflic) meskipun lebih jarang, dengan 2
data konflik. Konflik ini menunjukkan situasi di mana Laras harus memilih antara
dua opsi yang sama-sama tidak diinginkan. Emosi yang dominan pada David
adalah kesenangan. Emosi ini paling sering muncul dalam film. Konflik batin
yang dialami David hanya konflik mendekat-menjauh (approach-avoidance
conflic), dengan 2 data konflik. Ini menunjukkan adanya keinginan yang
diimbangi dengan risiko yang membuatnya ragu. Selanjutnya emosi yang
dominan pada tokoh Dilla adalah kemarahan, yang sering muncul sebagai reaksi
terhadap situasi yang mengancam privasi dan reputasinya. Dilla juga hanya
mengalami konflik mendekat-menjauh (approach-avoidance conflic), di mana ia
menghadapi pilihan mempertahankan identitasnya namun dengan konsekuensi
negatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: film, klasifikasi emosi, konflik batin, psikologi sastra.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1990 Broadcasting > PN1992 Television broadcasts
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 20 Feb 2025 04:23
Last Modified: 20 Feb 2025 04:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59918

Actions (login required)

View Item
View Item