Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending) terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita peserta Didik Kelas VIII SMP Swasta Santa Lusia Sei Rotan

Sitindaon, Meliana Kristin (2024) Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending) terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita peserta Didik Kelas VIII SMP Swasta Santa Lusia Sei Rotan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2183311032_Cover.pdf] Text
2183311032_Cover.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 2183311032_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2183311032_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2183311032_Kata_Pengantar.pdf] Text
2183311032_Kata_Pengantar.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 2183311032_Daftar_Isi.pdf] Text
2183311032_Daftar_Isi.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 2183311032_Daftar_Tabel.pdf] Text
2183311032_Daftar_Tabel.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 2183311032_BAB_I.pdf] Text
2183311032_BAB_I.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of 2183311032_BAB_V.pdf] Text
2183311032_BAB_V.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 2183311032_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2183311032_Daftar_Pustaka.pdf

Download (199kB)

Abstract

siswa kelas VIII SMP Swasta Santa Lusia Sei Rotan sebelum menggunakan Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending); (2) Mendeskripsikan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Swasta Santa Lusia Sei Rotan sesudah menggunakan Model Pembelajaran CORE
(Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending); (3) Mendeskripsikan pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending) terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Swasta Santa Lusia Sei Rotan. Desain penelitian yang digunakan adalah preexperimental design dengan one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Santa Lusia Sei Rotan yang terdiri dari 2
kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 berjumlah 30 orang dengan mengambilan sampel secara probability sampling. Hasil penelitian ini dianalisis
menggunakan analisis statistik desksriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis menunggunakan uji dua rata-rata. Nilai rata–rata pretest berjumlah 71,16 yang bisa dikategorikan baik dan posttest berjumlah 77,16 yang dikategorikan baik.
Kedua nilai rata-rata itu menunjukkan selisih 6. Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending) dan signifikansi uji hipotesis diketahui dengan rumus ujit, penentuan ttabel menggunakan tabel
distribusi t dengan taraf signifikan α = 0,05 dan db = n–1 = 30-1 = 29 diperoleh hasil t0,05 = 1,69913. Hasil thitung = 5,113 dan ttabel = 1,69913 dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga, thitung > ttabel atau 5,113 > 1,69913. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending) berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Swasta Santa Lusia Sei Rotan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending); Menulis; Teks Berita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 04 Feb 2025 08:15
Last Modified: 05 Feb 2025 02:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59466

Actions (login required)

View Item
View Item