PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMAN 4 PEMATANGSIANTAR T.A 2022/2023

ROMIE, KEVIN (2024) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMAN 4 PEMATANGSIANTAR T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1163151022_Cover.pdf] Text
1163151022_Cover.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 1163151022_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1163151022_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 1163151022_Abstrak.pdf] Text
1163151022_Abstrak.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 1163151022_Kata_Pengantar.pdf] Text
1163151022_Kata_Pengantar.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 1163151022_Daftar_Isi.pdf] Text
1163151022_Daftar_Isi.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 1163151022_Daftar_Gambar.pdf] Text
1163151022_Daftar_Gambar.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 1163151022_Daftar_Tabel.pdf] Text
1163151022_Daftar_Tabel.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 1163151022_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1163151022_Daftar_Lampiran.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 1163151022_BAB_I.pdf] Text
1163151022_BAB_I.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of 1163151022_BAB_V.pdf] Text
1163151022_BAB_V.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 1163151022_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1163151022_Daftar_Pustaka.pdf

Download (220kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok
bermain peran terhadap kepercayaan diri siswa kelas XI SMA Negeri 4 Pematang
Siantar yang dilakukan pada bulan April-Juni 2023 Tahun Ajaran 2022/2023.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen semu dengan menggunakan
desain Single Group Interrupted Time-Series Design. Populasi penelitian ini
seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 4 Pematang Siantar T.P. 2022/2023 dengan
sampel sebanyak 36 siswa yang ditentukan melalui teknik random sampling
terdiri dari 1 kelas eksperimen, yaitu kelas XI IPA-1. Instrumen yang digunakan
berupa kuesioner kepercayaan diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan
kepercayaan diri siswa melalui bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran
menunjukkan kategori sangat baik dengan peningkatan kepercayaan diri pada
kategori sedang serta terdapat pengaruh signifikan penerapan bimbingan
kelompok dengan teknik bermain peran terhadap kepercayaan diri siswa kelas XI
di SMA Negeri 4 Pematang Siantar yang dibuktikan dari hasil pengujian
hipotesis penelitian melalui uji T-Testt dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bimbingan Kelompok, Bermain Peran, Kepercayaan Diri.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 04 Feb 2025 06:45
Last Modified: 04 Feb 2025 06:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59441

Actions (login required)

View Item
View Item