Pakpahan, Jelita Riamasari Br (2024) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH DENGAN GEOGEBRA PADA SISWA KELAS X SMAN 1 SUNGGAL DALAM MATERI FUNGSI KUADRAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203111142_Cover.pdf
Download (78kB)
4203111142_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (270kB)
4203111142_Abstrak.pdf
Download (277kB)
4203111142_Kata_Pengantar.pdf
Download (139kB)
4203111142_Daftar_Isi.pdf
Download (154kB)
4203111142_BAB_I.pdf
Download (449kB)
4203111142_BAB_V.pdf
Download (228kB)
4203111142_Daftar_Pustaka.pdf
Download (302kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) hasil belajar peserta didik yang diajar dengan penemuan terimbing berbantuan autograph, (2) hasil belajar peserta didik yang diajar dengan penemuan terbimbing berbantuan geogebra, dan (3) perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan metode penemuan terbimbing berbantuan autograph dengan geogebra pada siswa kelas X SMAN 1 Sunggal dalam materi fungsi kuadrat. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Sunggal T.A 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas X Fase E-4 sebagai kelas eksperimen I yang diajar dengan penemuan terbimbing berbantuan autograph dan kelas X Fase E-6 sebagai kelas eksperimen II yang diajar dengan penemuan terbimbing berbantuan geogebra. Berdasarkan statistik deskriptif, diperoleh bahwa pada kelas eksperimen I, sebanyak 36% peserta didik memeroleh nilai dengan kategori baik sekali, 22% peserta didik memeroleh nilai dengan kategori baik, 17% peserta didik memeroleh nilai dengan kategori cukup, 25% peserta didik memeroleh nilai dengan kategori kurang, dan 0% peserta didik memeroleh nilai dengan kategori gagal. Sementara itu, pada kelas eksperimen II, sebanyak 14% peserta didik memeroleh nilai dengan kategori baik sekali, 28% peserta didik memeroleh nilai dengan kategori baik, 33% peserta didik memeroleh nilai dengan kategori cukup, 11% peserta didik memeroleh nilai dengan kategori kurang, dan 14% peserta didik memeroleh nilai dengan kategori gagal. Selanjutnya, melalui analisis statistik inferensial dengan uji t pada data post test, diperoleh nilai �ℎ�����=2,008 dan ������=1,994 yang berarti �ℎ�����>������. Sehingga, dapat ditarik kesimpulan bahwa rata – rata hasil belajar peserta didik dalam materi fungsi kuadrat pada kelas eksperimen I yang diajarkan dengan penemuan terbimbing berbantuan autograph tidak sama dengan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen II yang diajarkan dengan penemuan terbimbing berbantuan geogebra.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Penemuan, Autograph, Geogebra. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 08:17 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 08:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59358 |