PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH DENGAN GEOGEBRA PADA SISWA KELAS X SMAN 1 SUNGGAL DALAM MATERI FUNGSI KUADRAT

Pakpahan, Jelita Riamasari Br (2024) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH DENGAN GEOGEBRA PADA SISWA KELAS X SMAN 1 SUNGGAL DALAM MATERI FUNGSI KUADRAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111142_Cover.pdf] Text
4203111142_Cover.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 4203111142_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111142_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 4203111142_Abstrak.pdf] Text
4203111142_Abstrak.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 4203111142_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111142_Kata_Pengantar.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 4203111142_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111142_Daftar_Isi.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 4203111142_BAB_I.pdf] Text
4203111142_BAB_I.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of 4203111142_BAB_V.pdf] Text
4203111142_BAB_V.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 4203111142_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111142_Daftar_Pustaka.pdf

Download (302kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) hasil belajar peserta didik yang diajar dengan penemuan terimbing berbantuan autograph, (2) hasil belajar peserta didik yang diajar dengan penemuan terbimbing berbantuan geogebra, dan (3) perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan metode penemuan terbimbing berbantuan autograph dengan geogebra pada siswa kelas X SMAN 1 Sunggal dalam materi fungsi kuadrat. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Sunggal T.A 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas X Fase E-4 sebagai kelas eksperimen I yang diajar dengan penemuan terbimbing berbantuan autograph dan kelas X Fase E-6 sebagai kelas eksperimen II yang diajar dengan penemuan terbimbing berbantuan geogebra. Berdasarkan statistik deskriptif, diperoleh bahwa pada kelas eksperimen I, sebanyak 36% peserta didik memeroleh nilai dengan kategori baik sekali, 22% peserta didik memeroleh nilai dengan kategori baik, 17% peserta didik memeroleh nilai dengan kategori cukup, 25% peserta didik memeroleh nilai dengan kategori kurang, dan 0% peserta didik memeroleh nilai dengan kategori gagal. Sementara itu, pada kelas eksperimen II, sebanyak 14% peserta didik memeroleh nilai dengan kategori baik sekali, 28% peserta didik memeroleh nilai dengan kategori baik, 33% peserta didik memeroleh nilai dengan kategori cukup, 11% peserta didik memeroleh nilai dengan kategori kurang, dan 14% peserta didik memeroleh nilai dengan kategori gagal. Selanjutnya, melalui analisis statistik inferensial dengan uji t pada data post test, diperoleh nilai �ℎ�����=2,008 dan ������=1,994 yang berarti �ℎ�����>������. Sehingga, dapat ditarik kesimpulan bahwa rata – rata hasil belajar peserta didik dalam materi fungsi kuadrat pada kelas eksperimen I yang diajarkan dengan penemuan terbimbing berbantuan autograph tidak sama dengan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen II yang diajarkan dengan penemuan terbimbing berbantuan geogebra.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Penemuan, Autograph, Geogebra.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 08:17
Last Modified: 31 Jan 2025 08:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59358

Actions (login required)

View Item
View Item