Tambunan, Disna Margaretha (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERFIKIR INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF DI SMP NEGERI 1 TIGAPANAH. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4173351003_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173351003_Cover.pdf
Download (205kB)
![[thumbnail of 4173351003_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173351003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (521kB)
![[thumbnail of 4173351003_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173351003_Abstrak.pdf
Download (152kB)
![[thumbnail of 4173351003_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173351003_Kata_Pengantar.pdf
Download (362kB)
![[thumbnail of 4173351003_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173351003_Daftar_Isi.pdf
Download (76kB)
![[thumbnail of 4173351003_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173351003_BAB_I.pdf
Download (178kB)
![[thumbnail of 4173351003_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173351003_BAB_V.pdf
Download (80kB)
![[thumbnail of 4173351003_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173351003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (110kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berpikir induktif terhadap hasil belajar siswa pada materi zat aditif dan zat adiktif di SMP Negeri 1 Tigapanah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigapanah yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas VIII5 sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran berpikir induktif, dan VIII7 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa berbentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes hasil belajar siswa kelas eksperimen 42,80 dan kelas kontrol 40,67.nilai rata-rata postes hasil belajar siswa kelas eksperimen 85,47 dan kelas kontrol 80,00. Hasil uji hipotesis dengan mengunakan uji t diperoleh Sig. (α) < 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran berpikir induktif terhadap hasil belajar siswa pada materi zat aditif dan zat adiktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Berpikir Induktif, Hasil Belajar, Zat Aditif dan Zat Adiktif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 02:14 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59202 |