PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERFIKIR INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF DI SMP NEGERI 1 TIGAPANAH

Tambunan, Disna Margaretha (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERFIKIR INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF DI SMP NEGERI 1 TIGAPANAH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4173351003_Cover.pdf] Text
4173351003_Cover.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 4173351003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4173351003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (521kB)
[thumbnail of 4173351003_Abstrak.pdf] Text
4173351003_Abstrak.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 4173351003_Kata_Pengantar.pdf] Text
4173351003_Kata_Pengantar.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of 4173351003_Daftar_Isi.pdf] Text
4173351003_Daftar_Isi.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 4173351003_BAB_I.pdf] Text
4173351003_BAB_I.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 4173351003_BAB_V.pdf] Text
4173351003_BAB_V.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 4173351003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4173351003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (110kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berpikir induktif terhadap hasil belajar siswa pada materi zat aditif dan zat adiktif di SMP Negeri 1 Tigapanah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigapanah yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas VIII5 sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran berpikir induktif, dan VIII7 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa berbentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes hasil belajar siswa kelas eksperimen 42,80 dan kelas kontrol 40,67.nilai rata-rata postes hasil belajar siswa kelas eksperimen 85,47 dan kelas kontrol 80,00. Hasil uji hipotesis dengan mengunakan uji t diperoleh Sig. (α) < 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran berpikir induktif terhadap hasil belajar siswa pada materi zat aditif dan zat adiktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Berpikir Induktif, Hasil Belajar, Zat Aditif dan Zat Adiktif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Jan 2025 02:14
Last Modified: 24 Jan 2025 02:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59202

Actions (login required)

View Item
View Item