Harefa, Envilwan Berkat (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PENGETAHUAN ILMIAH SISWA KELAS X. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146175006 COVER.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
2. NIM 8146175006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
3. NIM 8146175006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
4. NIM 8146175006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
5. NIM 8146175006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
6. NIM 8146175006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
7. NIM 8146175006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
8. NIM 8146175006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
9. NIM 8146175006 BAB 1.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
13. NIM 8146175006 BAB 5.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
14. NIM 8146175006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) menganalisis pengetahuan ilmiah siswa dengan model pembelajaran inquiry training lebih baik dari pada model pembelajaran Direct Instruction, (2) menganalisis pengetahuan ilmiah siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis diatas rata-rata lebih baik dari siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis dibawah rata-rata, dan (3) menganalisis interaksi antara model pembelajaran dengan keterampilan berpikir kritis siswa dalam meningkatkan pengetahuan ilmiah siswa. Penelitian yang dilakukan secara quasi eksperimen. Populasi Penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 3 Gunungsitoli. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster random sampling yaitu kelas X3 dan X2 . Instrumen penelitian ini menggunakan tes pengetahuan ilmiah dalam bentuk uraian dan tes keterampilan berpikir kritis dalam bentuk uraian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pengetahuan ilmiah siswa dengan model pembelajaran inquiry training lebih baik dari pada model pembelajaran Direct Instruction, (2) Pengetahuan ilmiah siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis diatas rata-rata lebih baik dari siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis dibawah rata-rata, dan (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan keterampilan berpikir kritis siswa dalam meningkatkan pengetahuan ilmiah siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Har p |
Keywords: | Model pembelajaran; Inquiry training; Berpikir kritis; Pengetahuan ilmiah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jun 2016 02:55 |
Last Modified: | 20 Jun 2016 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5885 |