EFEK MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TRAINING DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 9 MEDAN

Tarigan, Batu (2016) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TRAINING DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 9 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8136 17005 Cover.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8136 17005 Cover.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM 813617005 Lembar Pengesahan dan Persetujuan.pdf]
Preview
Text
2.NIM 813617005 Lembar Pengesahan dan Persetujuan.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 813617005 .ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 813617005 .ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8136 17005 .KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8136 17005 .KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8136 17005 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8136 17005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8136 17005 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8136 17005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8136 17005 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8136 17005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8136 17005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8136 17005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8136 17005 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8136 17005 BAB I.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8136 17005 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8136 17005 BAB V.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8136 17005 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8136 17005 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training dan pembelajaran DI (Direct Instruction), perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara siswa yang memiliki sikap ilmiah di atas rata-rata dan siswa yang memiliki sikap ilmiah di bawah rata-rata, interaksi antara model pembelajaran inquiry training dengan sikap ilmiah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kedua dengan pembelajaran DI (Direct Instruction). Instrumen yang digunakan terdiri dari tes angket sikap ilmiah dan tes kemampuan berpikir kritis berupa essay tes. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan anava dua jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran DI (Direct Instruction), kemampuan berpikir kritis siswa antara siswa yang memiliki sikap ilmiah di atas rata-rata menunjukkan perbedaan dan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki sikap ilmiah di bawah rata-rata, serta terdapat interaksi antara model pembelajaran inquiry training dengan sikap ilmiah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 Tar e
Keywords: Sikap ilmiah; Model pembelajaran; Berpikir kritis; Fisika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 Jun 2016 02:46
Last Modified: 20 Jun 2016 02:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5884

Actions (login required)

View Item
View Item