Tarigan, Batu (2016) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TRAINING DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 9 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136 17005 Cover.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
2.NIM 813617005 Lembar Pengesahan dan Persetujuan.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
3. NIM 813617005 .ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
4. NIM 8136 17005 .KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
5. NIM 8136 17005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
6. NIM 8136 17005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7. NIM 8136 17005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
8. NIM 8136 17005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
9. NIM 8136 17005 BAB I.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
13. NIM 8136 17005 BAB V.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
14. NIM 8136 17005 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training dan pembelajaran DI (Direct Instruction), perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara siswa yang memiliki sikap ilmiah di atas rata-rata dan siswa yang memiliki sikap ilmiah di bawah rata-rata, interaksi antara model pembelajaran inquiry training dengan sikap ilmiah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kedua dengan pembelajaran DI (Direct Instruction). Instrumen yang digunakan terdiri dari tes angket sikap ilmiah dan tes kemampuan berpikir kritis berupa essay tes. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan anava dua jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran DI (Direct Instruction), kemampuan berpikir kritis siswa antara siswa yang memiliki sikap ilmiah di atas rata-rata menunjukkan perbedaan dan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki sikap ilmiah di bawah rata-rata, serta terdapat interaksi antara model pembelajaran inquiry training dengan sikap ilmiah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Tar e |
Keywords: | Sikap ilmiah; Model pembelajaran; Berpikir kritis; Fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jun 2016 02:46 |
Last Modified: | 20 Jun 2016 02:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5884 |