Pengembangan Model Ethno-Flipped Classroom dalam Meningkatkan Kemampuan Informal Statistical Reasoning dan Self-Regulated Learning Siswa Sekolah Menengah Atas

Ramadhani, Rahmi (2023) Pengembangan Model Ethno-Flipped Classroom dalam Meningkatkan Kemampuan Informal Statistical Reasoning dan Self-Regulated Learning Siswa Sekolah Menengah Atas. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216187006_Cover.pdf] Text
8216187006_Cover.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 8216187006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216187006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8216187006_Abstrak.pdf] Text
8216187006_Abstrak.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 8216187006_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216187006_Kata_Pengantar.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 8216187006_Daftar_Isi.pdf] Text
8216187006_Daftar_Isi.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 8216187006_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216187006_Daftar_Tabel.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 8216187006_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216187006_Daftar_Gambar.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 8216187006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216187006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 8216187006_BAB_I.pdf] Text
8216187006_BAB_I.pdf

Download (903kB)
[thumbnail of 8216187006_BAB_V.pdf] Text
8216187006_BAB_V.pdf

Download (542kB)
[thumbnail of 8216187006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216187006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (763kB)

Abstract

Model pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang penting dalam kesuksesan proses pembelajaran. Model pembelajaran yang diterapkan saat ini belum tervalidasi dengan baik, dan belum menerapkan pembelajaran bermakna dan memfasilitasi fleksibilitas dalam proses pembelajaran Integrasi konteks ethnomathematics menjadi penting dalam menerapkan pembelajaran bermakna, dan fleksibilitas dapat diperoleh dengan menggunakan model flipped classroom yang menawarkan dua fase pembelajaran. Konteks ethnomathematics yang tidak hanya artefak, namun juga mentifak memberikan kontribusi penting dalam menghadirkan pengalaman belajar yang kontekstual dan dekat dengan budaya serta tradisi siswa. Fatalifusö merupakan konteks mentifak yang dekat dengan budaya dan tradisi siswa khususnya di daerah Nias Pesisir yang dapat digunakan dalam konteks ethnomathematics. Integrasi fatalifusö sebagai bagian dari ethnomathematics dan fleksibilitas yang terfasilitasi oleh model flipped classroom memberikan kemudahan bagi siswa dalam meningkatkan kemampuan informal statistical reasoning dan self-regulated learning. Kedua kemampuan tersebut menjadi fokus penting dalam meningkatkan level kemampuan penalaran siswa yang rendah, khususnya yang berkaitan dengan statistika informal. Merujuk pada pentingnya kontribusi konteks ethnomathematics dan model flipped classroom dalam pembelajaran matematika yang bermakna, maka perlu dilakukan pengembangan model baru yang dinamakan model ethno-flipped classroom. Model ethno-flipped classroom merupakan model yang mengintegrasikan konteks ethnomathematics (baik artefak maupun mentifak budaya) dengan konsep fleksibilitas pada model flipped classroom. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan model ethno-flipped classroom yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan informal statistical reasoning dan self-regulated learning siswa; (b) untuk mengeksplorasi perubahan kemampuan informal statistical reasoning dan self-regulated learning sebelum dan setelah diberi intervensi model ethno-flipped classroom pada level individu siswa dan individu item tes; dan (c) untuk menganalisis peningkatan kemampuan informal statistical reasoning dan self-regulated learning siswa setelah memperoleh pembelajaran model ethno-flipped classroom. Pengembangan model ethno-flipped classroom menggunakan metode development study dengan model plomp. Hasil penelitian menujukkan bahwa seluruh komponen model ethno-flipped classroom dinyatakan valid baik secara konten maupun konstruk. Model ethno-flipped classroom juga dinyatakan praktis berdasarkan kriteria keterlaksanaan model yang memperoleh kategori “Baik”. Model ethno-flipped classroom memenuhi empat kriteria keefektifan; (1) ketercapaian tujuan instruksional 87%; (2) kemampuan guru mengelola pembelajaran kategori “Baik”; (3) partisipasi waktu ideal aktivitas siswa; dan (4) respon positif siswa 95%. Temuan lainnya adalah terdapat perubahan positif pada kemampuan informal statistical reasoning dan self-regulated learning ditinjau dari level individu siswa dan level item tes/angket. Temuan diperkuat dengan hasil uji hipotesis dimana terdapat peningkatan yang signifikan kemampuan informal statistical reasoning dan self-regulated learning siswa setelah diperoleh intervensi model ethno-flipped classroom. Implikasi penelitin ini berupa model ethno-flipped classroom yang dapat meningkatkan kemampuan informal statistical reasoning dan self-regulated learning berdasarkan level kompetensi siswa. Berdasarkan hasil temuan tersebut, maka model ethno-flipped classroom direkomendasikan untuk diterapkan lebih luas dan diintegrasikan pada pembelajaran diferensiasi untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 510.7 Ram p
Keywords: Ethnomathematics, Fatalifusö, Flipped Classroom, Informal Statistical Reasoning, Self-Regulated Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 Jul 2024 11:27
Last Modified: 18 Jul 2024 11:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58781

Actions (login required)

View Item
View Item