Marpaung, Claudia (2023) Pengaruh Pendekatan Etnopedagogi Dan Karakter Integritas Terhadap Kemampuan Literasi Budaya Siswa Sekolah Dasar. Masters thesis, UNIMED.
8216181010_Cover.pdf
Download (40kB)
8216181010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (326kB)
8216181010_Abstrak.pdf
Download (61kB)
8216181010_Kata_Pengantar.pdf
Download (161kB)
8216181010_Daftar_Isi.pdf
Download (191kB)
8216181010_Daftar_Tabel.pdf
Download (152kB)
8216181010_Daftar_Gambar.pdf
Download (31kB)
8216181010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (32kB)
8216181010_BAB_I.pdf
Download (629kB)
8216181010_BAB_V.pdf
Download (114kB)
8216181010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (323kB)
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan etnopedagogi dan karakter integritas terhadap kemampuan literasi budaya siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh pendekatan etnopedagogi terhadap kemampuan literasi budaya siswa. (2) pengaruh karakter integritas terhadap literasi budaya siwa (3) interaksi antara pendekatan etnopedagodi dan karakter integritas terhadap kemampuan literasi budaya siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN 107416 Sugiharjo dan SDN 101865 Bintang Meriah dengan jumlah siwa keseluruhan 90 orang siswa. Penelitian ini berjenis Quasi Experimental Design. Analisis data menggunakan berbantuan SPSS 22.0 dengan faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan yaitu angket karakter integritas dan test kemampuan literasi budaya. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh pendekatan etnopedagogi terhadap karakter integritas dengan representasi 91,2% (2) Terdapat pengaruh pendekatan etnopedagogi terhadap kemampuan literasi budaya siswa dengan representasi 90,1%; (3) Terdapat interaksi antara pendekatan etnopedagogi dan karakter integritas terhadap kemampuan literasi budya siswa dengan tabel produk moment (=4,680) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Mar p |
Keywords: | Pendekatan Etnopedagogi, Karakter Integritas, Kemampuan Literasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 11:43 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 11:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58765 |