EFEK MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA

Maisyaroh, Siti (2016) EFEK MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of NIM.8136176040   Cover.pdf]
Preview
Text
NIM.8136176040 Cover.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of NIM.8136176040   PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
NIM.8136176040 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of NIM.8136176040  .ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
NIM.8136176040 .ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of NIM.8136176040  .KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
NIM.8136176040 .KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of NIM.8136176040  DAFTAR  ISI.pdf]
Preview
Text
NIM.8136176040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of NIM.8136176040  DAFTAR  TABEL.pdf]
Preview
Text
NIM.8136176040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of NIM.8136176040  DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
NIM.8136176040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of NIM.8136176040  DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
NIM.8136176040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of NIM.8136176040 BAB I.pdf]
Preview
Text
NIM.8136176040 BAB I.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of NIM.8136176040 BAB V.pdf]
Preview
Text
NIM.8136176040 BAB V.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of NIM.8136176040 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
NIM.8136176040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan kognitif siswa pada model pembelajaran discovery dan pembelajaran ekspositori; untuk menganalisis kemampuan kognitif siswa antara siswa yang memiliki sikap ilmiah di atas rata-rata dan siswa yang memiliki sikap ilmiah di bawah rata-rata; untuk menganalisis interaksi antara model pembelajaran dengan sikap ilmiah terhadap kemampuan kognitif siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random class sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama diajarkan dengan model pembelajaran discovery dan kelas kedua dengan pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan kognitif dan angket sikap ilmiah yang telah divalidkan dan reliabel. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori. Kemampuan kognitif siswa dengan sikap ilmiah diatas rata-rata menunjukkan hasil yang lebih baik dari pada siswa dengan sikap ilmiah dibawah rata-rata. Terdapat interaksi antara model pembelajaran discovery dan sikap ilmiah terhadap kemampuan kognitif siswa. Interaksi ini menunjukkan kemampuan kognitif siswa dominan pada model pembelajaran discovery pada kelompok siswa yang mempunyai sikap ilmiah diatas rata-rata.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 2 Mai e
Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran ekspositori; Pembelajaran discovery; Konsepsi belajar; Sikap ilmiah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 16 Jun 2016 07:06
Last Modified: 16 Jun 2016 07:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5832

Actions (login required)

View Item
View Item