Maisyaroh, Siti (2016) EFEK MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA. Masters thesis, UNIMED.
NIM.8136176040 Cover.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
NIM.8136176040 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
NIM.8136176040 .ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
NIM.8136176040 .KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
NIM.8136176040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
NIM.8136176040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
NIM.8136176040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
NIM.8136176040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
NIM.8136176040 BAB I.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
NIM.8136176040 BAB V.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
NIM.8136176040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan kognitif siswa pada model pembelajaran discovery dan pembelajaran ekspositori; untuk menganalisis kemampuan kognitif siswa antara siswa yang memiliki sikap ilmiah di atas rata-rata dan siswa yang memiliki sikap ilmiah di bawah rata-rata; untuk menganalisis interaksi antara model pembelajaran dengan sikap ilmiah terhadap kemampuan kognitif siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random class sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama diajarkan dengan model pembelajaran discovery dan kelas kedua dengan pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan kognitif dan angket sikap ilmiah yang telah divalidkan dan reliabel. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori. Kemampuan kognitif siswa dengan sikap ilmiah diatas rata-rata menunjukkan hasil yang lebih baik dari pada siswa dengan sikap ilmiah dibawah rata-rata. Terdapat interaksi antara model pembelajaran discovery dan sikap ilmiah terhadap kemampuan kognitif siswa. Interaksi ini menunjukkan kemampuan kognitif siswa dominan pada model pembelajaran discovery pada kelompok siswa yang mempunyai sikap ilmiah diatas rata-rata.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Mai e |
Keywords: | Model pembelajaran; Pembelajaran ekspositori; Pembelajaran discovery; Konsepsi belajar; Sikap ilmiah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Jun 2016 07:06 |
Last Modified: | 16 Jun 2016 07:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5832 |