Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Penalaran Matematis Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Discovery Learning

Damanik, Raudah Ummu Fahda (2023) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Penalaran Matematis Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Discovery Learning. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196172007_Cover.pdf] Text
8196172007_Cover.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 8196172007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8196172007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of 8196172007_Abstrak.pdf] Text
8196172007_Abstrak.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 8196172007_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196172007_Kata_Pengantar.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 8196172007_Daftar_Isi.pdf] Text
8196172007_Daftar_Isi.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 8196172007_Daftar_Tabel.pdf] Text
8196172007_Daftar_Tabel.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 8196172007_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196172007_Daftar_Gambar.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 8196172007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8196172007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 8196172007_BAB_I.pdf] Text
8196172007_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8196172007_BAB_V.pdf] Text
8196172007_BAB_V.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 8196172007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8196172007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (483kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diberi model pembelajaran PBL dan Discovery; (2) Apakah terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang diberi model pembelajaran PBL dan Discovery; (3) Interaksi model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa; (4) Interaksi model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap kemampuan penalaran siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 9 Medan pada Tahun Ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil perhitungan ANAVA dua arah untuk data kemampuan pemecahan masalah siswa diperoleh nilai Sig. (p-value) = 0,041. Karena nilai Sig. (p-value) <0,05 maka tolak H0 dan terima Ha. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang diajar dengan model PBL dan model Discovery. Untuk interaksi antara faktor model pembelajaran dengan KAM, diperoleh nilai Sig. (p-value) = 0,000. Karena nilai Sig. (p-value) <0,05 maka tolak H0 dan terima Ha. Dapat disimpulkan bahwa terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Sedangkan untuk data kemampuan penalaran siswa diperoleh nilai Sig. (p-value) = 0,026. Karena nilai Sig. (p-value) <0,05 maka tolak H0 dan terima Ha. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penalaran antara siswa yang diajar dengan model PBL dan model Discovery. Adapun interaksi antara faktor model pembelajaran dengan KAM, diperoleh nilai Sig. (p-value) = 0,003. Karena nilai Sig. (p-value) <0,05 maka tolak H0 dan terima Ha. Dapat disimpulkan bahwa terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan penalaran siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Dam p
Keywords: Interaksi, Masalah, Model, Penalaran, Perbedaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 06 Jun 2024 01:42
Last Modified: 06 Jun 2024 01:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58319

Actions (login required)

View Item
View Item