Analisis Pengaruh Model Pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) Terhadap Miskonsepsi dan Motivasi Belajar Pada Materi Fluida Dinamis

Anggriani, Selvia (2023) Analisis Pengaruh Model Pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) Terhadap Miskonsepsi dan Motivasi Belajar Pada Materi Fluida Dinamis. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196175001_Cover.pdf] Text
8196175001_Cover.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 8196175001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8196175001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (549kB)
[thumbnail of 8196175001_Abstrak.pdf] Text
8196175001_Abstrak.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 8196175001_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196175001_Kata_Pengantar.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 8196175001_Daftar_Isi.pdf] Text
8196175001_Daftar_Isi.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 8196175001_Daftar_Tabel.pdf] Text
8196175001_Daftar_Tabel.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 8196175001_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196175001_Daftar_Gambar.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 8196175001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8196175001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 8196175001_BAB_I.pdf] Text
8196175001_BAB_I.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of 8196175001_BAB_V.pdf] Text
8196175001_BAB_V.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 8196175001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8196175001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (385kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Elicit, Confront, Identify, Resolve. Reinforce (ECIRR) terhadap miskonsepsi dan motivasi belajarsiswa pada materi fluida dinamis. Penelitian dilakukan di SMA Swasta Bandung, Kabupaten Deli Serdang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi experiment dengan pretest-postest control group design. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling yang terdiri dari kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes miskonsepsi dengan three-tier multiple choice dan tes motivasi belajar dengan angket. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh siswa yang mengalami miskonsepsi sebanyak 14 siswa dengan persentase 70% di kelas eksperimen dan 10 siswa dengan persentase 50%. Persentase motivasi siswa sebelum pembelajaran 20% di kelas eksperimen dan 15% di kelas kontrol. Model ECIRR efektif terhadap miskonsepsi dan motivasi belajar siswa dengan nilai n-gain 0.76 dan 0.52. Uji korelasi menunjukkan nilai signifikansi 0.00 yang berarti terdapat korelasi antara variabel miskonsepsi dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan uji hipotesis dengan manova menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran ECIRR terdapat miskonsepsi dan motivasi belajar siswa dengan nilai sigifikansi 0.00.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 532.05 Ang a
Keywords: Miskonsepsi, Motivasi, Model ECIRR.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC717.6 Plasma physics. Ionized gases
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 05 Jun 2024 15:36
Last Modified: 05 Jun 2024 15:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58313

Actions (login required)

View Item
View Item