Ramadani, Sri (2023) Pengembangan Model Manajemen Pelatihan Peace Education dalam Mengurangi Bullying pada Siswa SMK di Kabupaten Langkat. Doctoral thesis, UNIMED.
8176114011_Cover.pdf
Download (2MB)
8176114011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (904kB)
8176114011_Abstrak.pdf
Download (2MB)
8176114011_Kata_Pengantar.pdf
Download (309kB)
8176114011_Daftar_Isi.pdf
Download (2MB)
8176114011_Daftar_Tabel.pdf
Download (2MB)
8176114011_Daftar_Gambar.pdf
Download (2MB)
8176114011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (2MB)
8176114011_BAB_I.pdf
Download (2MB)
8176114011_BAB_V.pdf
Download (2MB)
8176114011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (2MB)
Abstract
Model pelatihan yang dipraktikkan oleh guru sekolah kurang memberi pengaruh positif bagi siswa, akibatnya memberikan pengaruh kurang baik yang berujung pada munculnya perbuatan buruk terutama bullying. Berdasarkan hal tersebut tujuan dari penelitian yang ini adalah untuk mengetahui: (1) kevalidan desain model manajemen pelatihan Peace Education yang hendak digunakan oleh siswa SMK di Kabupaten Langkat; (2) keefektifan dari penggunaan model manajemen pelatihan Peace Education yang digunakan oleh siswa SMK di Kabupaten Langkat; dan (3) Keefisienan model manajemen pelatihan Peace Education untuk meminimalisir tingkat Bullying siswa pada tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan untuk guru di SMK Kabupaten Langkat Prov Sumut. Subjek yang akan dilakukan pada penelitian yaitu siswa yang terdiri dari 36 orang. Sedangkan objek penelitian yaitu produk model manajemen pelatihan Peace Education. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa: (1) Tanggapan untuk Ahli memberi nilai lebih besar atau sama dengan ≥ 3,0 yaitu Ahli Bahasa validator memberi nilai lebih besar atau sama dengan 3,428, Ahli Desain validator memberi nilai lebih besar atau sama dengan 3,467, Ahli Materi validator memberi nilai lebih besar atau sama dengan 3,529, dan Ahli Model manajemen validator memberi nilai lebih besar atau sama dengan 3,475 atas kelas yang “valid”; (2) Hasil praktisan model manajemen pelatihan peace education oleh guru secara keseluruhan adalah 85,42%, dalam kategori “sangat praktis”. Sama halnya untuk siswa secara keseluruhan yaitu 85,37 dalam kategori “sangat praktis”; dan (3) Dilihat dari poin yang diterima, kecakapan dalam meminimalisir bullying untuk siswa sudah terbilang sangat efektif. Hanya terdapat 5 siswa yang belum memperoleh kemahiran klasikal dari 36 siswa, dengan tingat persentasenya yaitu 86,11%, sehingga kebisaan dalam meminimalisir tingkat bullying terbilang sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 371.102 Ram p |
Keywords: | Manajemen Pelatihan, Peace Education, dan Bullying |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB2165 Teacher training in universities and colleges |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 09:49 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 09:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58306 |