Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Materi Tari Sapu Tangan Melalui Aplikasi Edmodo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Swasta Martadinata Kelas X Di Kota Medan

Lubis, Liza Alfina (2023) Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Materi Tari Sapu Tangan Melalui Aplikasi Edmodo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Swasta Martadinata Kelas X Di Kota Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.2173141010 COVER.pdf] Text
1. NIM.2173141010 COVER.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 2. NIM.2173141010 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.2173141010 APPROVAL SHEET.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 3. NIM.2173141010 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.2173141010 ABSTRACT.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 4. NIM.2173141010 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.2173141010 PREFACE.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 5. NIM.2173141010 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.2173141010 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 6. NIM.2173141010 LIST OF FIGURE.pdf] Text
6. NIM.2173141010 LIST OF FIGURE.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 7. NIM.2173141010 LIST OF TABLE.pdf] Text
7. NIM.2173141010 LIST OF TABLE.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 8. NIM.2173141010 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM.2173141010 CHAPTER I.pdf

Download (446kB)
[thumbnail of 12. NIM.2173141010 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM.2173141010 CHAPTER V.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 13. NIM.2173141010 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM.2173141010 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (181kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Martadinata melalui aplikasi edmodo. Teori yang digunakan yakni teori hasil belajar dan teori model pembelajaran flipped classroom. Menurut Nana Sudjana (2005:20) perubahan tigkah laku individu yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik merupakan hakikat hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa Martadinata. Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitian ini adalah tes berupa soal pilihan berganda. Penelitian ini dilakukan dengan uji pretest dan posttest dengan presentase nilai rata-rata pretest 57,08% dan nilai rata-rata posttest 87,83. Berdasarkan hasil uji t menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics yang menyatakan bahwa berdasarkan tabel tersebut terlihat nilai sig. (2-tailed) < 0.05 yaitu 0.000 < 0.05, maka dapat dipastikan Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat
dipastikan bahwa, ada pengaruh model pembelajaran flipped classroom melalui aplikasi edmodo terhadap peningkatan hasil pembelajaran tari sapu tangan kelas X IPA 2 di SMA Martadinata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Tari Sapu Tangan,flipped classroom, edmodo
Subjects: M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music
M Music and Books on Music > MT Instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 30 May 2024 03:42
Last Modified: 30 May 2024 03:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58173

Actions (login required)

View Item
View Item