Br. Ginting, Siti Mahara (2023) Peningkatkan Hasil Belajar Ma-tematika dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Take and Give (TG) di Kelas IV SD Negeri 106177 Tungkusan. Masters thesis, UNIMED.
8216181007_Cover.pdf
Download (366kB)
8216181007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (231kB)
8216181007_Abstrak.pdf
Download (172kB)
8216181007_Kata_Pengantar.pdf
Download (288kB)
8216181007_Daftar_Isi.pdf
Download (91kB)
8216181007_Daftar_Tabel.pdf
Download (36kB)
8216181007_Daftar_Gambar.pdf
Download (34kB)
8216181007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (35kB)
8216181007_BAB_I.pdf
Download (867kB)
8216181007_BAB_V.pdf
Download (91kB)
8216181007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (491kB)
Abstract
Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui : 1) Hasil belajar ma-tematika siswa melalui model pembelajaran Take and Give lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, 2) Motivasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Take and Give lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa, 3) Interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Take and Give terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa 4) Interaksi antara kemam-puan awal matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Take and Give terhadap peningkatan motivasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuanti-tatif. Sampel penelitian ini dipilih secara random sampling sehingga diperoleh kelas eksperimen sebanyak 25 siswa dan 25 siswa kelas kontrol. Instrumen untuk mengumpulkan data penelitian hasil belajar matematika siswa berbentuk tes ura-ian dan untuk penelitian motivasi belajar matematika siswa berbentuk angket pernyataan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Peningkatan hasil bela-jar matematika siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran Take and Give lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran bi-asa dengan rerata Ngain ternormalisasi dengan nilai 0,46 < g ≤ 0,64. 2) Pening-katan motivasi belajar matematika siswa yang diajarkan melalui model pembela-jaran Take and Give lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan model pem-belajaran biasa dengan perbedaan rerata melalui uji Mann Whitney menghasilkan nilai U sebesar 60,500 dengan W sebesar 385,500 apabila dikonversikan ke nilai z maka hasil besarnya adalah -4,904 dan nilai asymp sig. sebesar 0,00 < 0,05 artinya terdapat perbedaan bermakna antara dua kelompok pembelajaran. 3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa dari hasil anava dua jalur yang diperoleh dari nilai F sebesar 1,329 dengan nilai signifikansi sebesar 0,255 > 0,05. 4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan motivasi belajar matematika siswa dengan uji anava dua jalur diperoleh nilai F sebesar 1,329 dengan nilai signifikan-si sebesar 0,255 > 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Gin p |
Keywords: | Hasil belajar, Motivasi Belajar Take and Give dan Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 21 May 2024 10:06 |
Last Modified: | 22 May 2024 01:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57446 |