Simangunsong, Pelentina (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP RETENSI DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI LAPISAN BUMI DI SMP NEGERI 2 SUNGGAL. Undergraduate thesis, UNIMED.
4192451011_Cover.pdf
Download (5MB)
4192451011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (518kB)
4192451011_Abstrak.pdf
Download (5MB)
4192451011_Kata_Pengantar.pdf
Download (5MB)
4192451011_Daftar_Isi.pdf
Download (5MB)
4192451011_Daftar_Tabel.pdf
Download (5MB)
4192451011_Daftar_Gambar.pdf
Download (5MB)
4192451011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (5MB)
4192451011_BAB_I.pdf
Download (5MB)
4192451011_BAB_V.pdf
Download (5MB)
4192451011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada masalah yang sering terjadi pada siswa yaitu model pembelajaran yang diberikan cenderung ceramah sehingga membuat peserta didik bosan , ngantuk dan tidak tertarik dalam proses belajar mengajar. Hal ini mengakibatkan kurangnya minat belajar peserta didik dan rendahnya daya ingat atau retensi yang dimiliki peserta didik dalam mengingat kembali pembelajaran yang telah di berikan sebelumnya, selain itu juga peserta didik juga masih kesulitan menghadapi permasalahan yang ada diakibatkan rendahnya kemampuan berfikir kritis peserta didik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap retensi dan kemampuan berfikir kritis peserta didik pada materi lapisan bumi di SMP Negeri 2 Sunggal. Penelitian ini termasuk dalam jenis deskriptif kuantitatif dengan desain Pre-test Post-test Re-test. Subjek penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu siswa kelas VII-4 sebagai kelas kontrol dan VII-7 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, serta teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan tes. Tes yang digunakan berupa 20 butir soal yang terdiri dari 20 soal pilihan berganda untuk mengetahui retensi dan berpikir kritis siswa. Hal tersebut dibuktikan Adanya pengaruh model problem based learning terhadap retensi siswa. Rata-rata skor re-test kemampuan retensi kelas eksperimen yaitu sebesar 93,97 sedangkan nilai rata-rata retest kelas kontrol sebesar 79,12. Serta pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Rata-rata skor post-test kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen yaitu sebesar 83,67 sedangkan nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 73,67. Sehingga dapat di simpulkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap retensi dan kamampuan berfikir kritis peserta didik dilihat dari hasil pembelajaran yang meningkat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem based learning, retensi, kemampuan berfikir kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 15 May 2024 08:20 |
Last Modified: | 15 May 2024 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56859 |