PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP RETENSI DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI LAPISAN BUMI DI SMP NEGERI 2 SUNGGAL

Simangunsong, Pelentina (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP RETENSI DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI LAPISAN BUMI DI SMP NEGERI 2 SUNGGAL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4192451011_Cover.pdf] Text
4192451011_Cover.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4192451011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192451011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (518kB)
[thumbnail of 4192451011_Abstrak.pdf] Text
4192451011_Abstrak.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4192451011_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192451011_Kata_Pengantar.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4192451011_Daftar_Isi.pdf] Text
4192451011_Daftar_Isi.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4192451011_Daftar_Tabel.pdf] Text
4192451011_Daftar_Tabel.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4192451011_Daftar_Gambar.pdf] Text
4192451011_Daftar_Gambar.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4192451011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4192451011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4192451011_BAB_I.pdf] Text
4192451011_BAB_I.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4192451011_BAB_V.pdf] Text
4192451011_BAB_V.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4192451011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192451011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada masalah yang sering terjadi pada siswa yaitu model pembelajaran yang diberikan cenderung ceramah sehingga membuat peserta didik bosan , ngantuk dan tidak tertarik dalam proses belajar mengajar. Hal ini mengakibatkan kurangnya minat belajar peserta didik dan rendahnya daya ingat atau retensi yang dimiliki peserta didik dalam mengingat kembali pembelajaran yang telah di berikan sebelumnya, selain itu juga peserta didik juga masih kesulitan menghadapi permasalahan yang ada diakibatkan rendahnya kemampuan berfikir kritis peserta didik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap retensi dan kemampuan berfikir kritis peserta didik pada materi lapisan bumi di SMP Negeri 2 Sunggal. Penelitian ini termasuk dalam jenis deskriptif kuantitatif dengan desain Pre-test Post-test Re-test. Subjek penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu siswa kelas VII-4 sebagai kelas kontrol dan VII-7 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, serta teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan tes. Tes yang digunakan berupa 20 butir soal yang terdiri dari 20 soal pilihan berganda untuk mengetahui retensi dan berpikir kritis siswa. Hal tersebut dibuktikan Adanya pengaruh model problem based learning terhadap retensi siswa. Rata-rata skor re-test kemampuan retensi kelas eksperimen yaitu sebesar 93,97 sedangkan nilai rata-rata retest kelas kontrol sebesar 79,12. Serta pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Rata-rata skor post-test kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen yaitu sebesar 83,67 sedangkan nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 73,67. Sehingga dapat di simpulkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap retensi dan kamampuan berfikir kritis peserta didik dilihat dari hasil pembelajaran yang meningkat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem based learning, retensi, kemampuan berfikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 15 May 2024 08:20
Last Modified: 15 May 2024 08:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56859

Actions (login required)

View Item
View Item