Sianturi, Teddy Soemantry (2023) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN E-LKPD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMPN 24 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4192411009_Cover.pdf
Download (226kB)
4192411009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (196kB)
4192411009_Abstrak.pdf
Download (171kB)
4192411009_Kata_Pengantar.pdf
Download (142kB)
4192411009_Daftar_Isi.pdf
Download (177kB)
4192411009_Daftar_Gambar.pdf
Download (118kB)
4192411009_Daftar_Tabel.pdf
Download (117kB)
4192411009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (126kB)
4192411009_BAB_I.pdf
Download (505kB)
4192411009_BAB_V.pdf
Download (115kB)
4192411009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (209kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas VIII SMP Negeri 24 Medan pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dengan menggunakan e-LKPD sebagai bantuan dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas VIII berjumlah 30 orang. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 tindakan, dimana setiap tindakan terdiri dari 2 kali pertemuan dalam pembelajaran dan 1 pertemuan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dan mengukur respon siswa terhadap pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis meningkat setelah dilaksanakannya pembelajaran model contextual teaching and learning (CTL) berbantuan e-LKPD. Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis yang dapat diamati dari data rata-rata peserta didik sebelum diberikan tindakan, yaitu sebesar 42,39 yang dikategorikan sebagai sangat rendah, dengan ketuntasan klasikal mencapai 0%. Namun, setelah diberikan tindakan pertama, rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa meningkat menjadi 66,25 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 40%. Pada tindakan kedua, terjadi peningkatan lebih lanjut hingga mencapai rata-rata 85 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 86,67%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dengan dukungan e-LKPD mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMP Negeri 24 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran; Berfikir kritis; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 15 May 2024 04:03 |
Last Modified: | 15 May 2024 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56812 |