Humairah, Lifia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 1 SIMALUNGUN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4181111011_Cover.pdf
Download (1MB)
4181111011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
4181111011_Abstrak.pdf
Download (1MB)
4181111011_Kata_Pengantar.pdf
Download (2MB)
4181111011_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
4181111011_Daftar_Tabel.pdf
Download (1MB)
4181111011_Daftar_Gambar.pdf
Download (1MB)
4181111011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (1MB)
4181111011_BAB_I.pdf
Download (1MB)
4181111011_BAB_V.pdf
Download (1MB)
4181111011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe pair check terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Simalungun, dan (2) mengetahui proses jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah soal-soal terkait kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis (pretest dan posttest). Setelah instrumen divalidasi oleh validator, diteruskan dengan uji T. Hasil penelitian menjelaskan sebagai berikut: (1) Setelah dilakukan pengujian data dan diperoleh hasil dengan memakai taraf α = 0,05, dimana nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 yang berarti 0,000 < 0,05, berlandaskan kriteria pengujian maka H0 adalah ditolak yang berarti model kooperatif tipe Pair Check mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Simalungun. (2) Proses respon siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Simalungun yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check lebih baik dibandingkan dengan proses respon siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kooperatif tipe Pair Check, kemampuan pemahaman konsep, dan konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 11 May 2024 05:00 |
Last Modified: | 11 May 2024 05:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56522 |