PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 1 SIMALUNGUN

Humairah, Lifia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 1 SIMALUNGUN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4181111011_Cover.pdf] Text
4181111011_Cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4181111011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4181111011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4181111011_Abstrak.pdf] Text
4181111011_Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4181111011_Kata_Pengantar.pdf] Text
4181111011_Kata_Pengantar.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4181111011_Daftar_Isi.pdf] Text
4181111011_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4181111011_Daftar_Tabel.pdf] Text
4181111011_Daftar_Tabel.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4181111011_Daftar_Gambar.pdf] Text
4181111011_Daftar_Gambar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4181111011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4181111011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4181111011_BAB_I.pdf] Text
4181111011_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4181111011_BAB_V.pdf] Text
4181111011_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4181111011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4181111011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe pair check terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Simalungun, dan (2) mengetahui proses jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah soal-soal terkait kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis (pretest dan posttest). Setelah instrumen divalidasi oleh validator, diteruskan dengan uji T. Hasil penelitian menjelaskan sebagai berikut: (1) Setelah dilakukan pengujian data dan diperoleh hasil dengan memakai taraf α = 0,05, dimana nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 yang berarti 0,000 < 0,05, berlandaskan kriteria pengujian maka H0 adalah ditolak yang berarti model kooperatif tipe Pair Check mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Simalungun. (2) Proses respon siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Simalungun yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check lebih baik dibandingkan dengan proses respon siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kooperatif tipe Pair Check, kemampuan pemahaman konsep, dan konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 11 May 2024 05:00
Last Modified: 11 May 2024 05:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56522

Actions (login required)

View Item
View Item