Syahputra, M. Zulham (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP PAB 8 SAMPALI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4173111042_Cover.pdf
Download (105kB)
4173111042_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (351kB)
4173111042_Abstrak.pdf
Download (267kB)
4173111042_Kata_Pengantar.pdf
Download (348kB)
4173111042_Daftar_Isi.pdf
Download (285kB)
4173111042_Daftar_Gambar.pdf
Download (260kB)
4173111042_Daftar_Tabel.pdf
Download (288kB)
4173111042_Daftar_Lampiran.pdf
Download (287kB)
4173111042_BAB_I.pdf
Download (947kB)
4173111042_BAB_V.pdf
Download (523kB)
4173111042_Daftar_Pustaka.pdf
Download (122kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VIII-A SMP PAB 8 Sampali melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pelaksanaan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan pembelajaran dan satu pertemuan untuk tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil tes awal menunjukkan skor rata-rata kemampuan komunikasi matematis adalah 52,78 dengan hanya 5 siswa (18,52%) saja yang mencapai skor keberhasilan minimal. Hal ini menunjukkan tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa yang rendah. setelah dilakukan tindakan pada siklus I skor rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa secara klasikal menjadi 78,67. Setelah tindakan siklus II skor rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa menjadi 84,88. Secara klasikal pada siklus II sudah mencapai angka keberhasilan klasikal yaitu 85,19%. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dari hasil tes kemampuan awal hingga tes kemampuan komunikasi matematis pada silkus II, didapat nilai N-Gain yaitu 0,68 yang berada pada kategori peningkatan sedang. Hasil observasi guru pada siklus I dengan nilai rata-rata 3,14 yang berada pada kategori baik, dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 3,72 yang berada pada kategori baik. Setiap siklus menunjukkan penurunan jumlah masalah selama pembelajaran dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Secara keseluruhan menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe team assisted individualization pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VIII-A SMP PAB 8 Sampali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Komunikasi matematis; Pembelajaran kooperatif; Penelitian tindakan kelas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 03 May 2024 03:38 |
Last Modified: | 03 May 2024 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56185 |