PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DI SMPN 1 LABUHAN DELI

Triana, Hena (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DI SMPN 1 LABUHAN DELI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4161111030_Cover.pdf] Text
4161111030_Cover.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 4161111030_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4161111030_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (626kB)
[thumbnail of 4161111030_Abstrak.pdf] Text
4161111030_Abstrak.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 4161111030_Kata_Pengantar.pdf] Text
4161111030_Kata_Pengantar.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of 4161111030_Daftar_Isi.pdf] Text
4161111030_Daftar_Isi.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 4161111030_Daftar_Gambar.pdf] Text
4161111030_Daftar_Gambar.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 4161111030_Daftar_Tabel.pdf] Text
4161111030_Daftar_Tabel.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 4161111030_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4161111030_Daftar_Lampiran.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 4161111030_BAB_I.pdf] Text
4161111030_BAB_I.pdf

Download (842kB)
[thumbnail of 4161111030_BAB_V.pdf] Text
4161111030_BAB_V.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 4161111030_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4161111030_Daftar_Pustaka.pdf

Download (231kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan komunikasi matematis siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan Komunikasi Matematis siswa dengan menggunakan model Pembelajaran Group Investigation (GI) berbantuan alat peraga pada siswa kelas VII-7 SMPN 1 Labuhan Deli. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-7 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dikatakan berhasil jika memenuhi indikator keberhasilan, yaitu (1) tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat, (2) terdapat 85% siswa yang mengikuti tes telah memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal kategori sedang atau cukup, (3) hasil observasi aktivitas guru dan siswa menunjukkan kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan awal siswa adalah 1,79. Nilai rata-rata siswa pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 2,30 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 3,22. Persentase ketuntasan siswa pada siklus I adalah 40,625% dan pada siklus II menjadi 90,625%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantuan alat peraga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa serta dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar kelas VII-7 SMPN 1 Labuhan Deli. Model pembelajaran ini dapat lebih optimal jika diikuti dengan pengelolaan kelas dan perencanaan yang baik oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Komunikasi; Penelitian tindakan kelas; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 02 May 2024 04:03
Last Modified: 02 May 2024 04:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56109

Actions (login required)

View Item
View Item