Tampubolon, Harmenita (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI DI SMAN 16 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193341028_Cover.pdf
Download (217kB)
4193341028_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (879kB)
4193341028_Abstrak.pdf
Download (61kB)
4193341028_Kata_Pengantar.pdf
Download (273kB)
4193341028_Daftar_Isi.pdf
Download (61kB)
4193341028_Daftar_Gambar.pdf
Download (33kB)
4193341028_Daftar_Tabel.pdf
Download (34kB)
4193341028_Daftar_Lampiran.pdf
Download (60kB)
4193341028_BAB_I.pdf
Download (450kB)
4193341028_BAB_V.pdf
Download (237kB)
4193341028_Daftar_Pustaka.pdf
Download (536kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa, ketuntasan belajar siswa dan ketercapaian indikator tujuan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem ekskresi
pada manusia kelas XI di SMA Negeri 16 Medan. Penelitian ini adalah jenis penelitian pra-eskperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 16 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Sampel yang digunakan adalah satu
kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas XI MIA 4 yang terdiri dai 35 siswa. Hasil analisis data diperoleh rata-rata tingkat penguasaan siswa 79,61%. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal sudah terpenuhi karena terdapat 88,6 % siswa yang mencapai nilai 75 atau lebih dan untuk ketercapaian indikator tujuan pembelajaran telah tercapai dengan rata-rata 80,73%. Berdasarkan hasil hasil penelitian yang telah
dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi dengan menggunakan PBL pada materi sistem ekskresi dapat memenuhi tingkat penguasaan siswa, ketuntasan belajar siswa secara indidual maupun klasikal serta memenuhi ketercapaian indikator tujuan pembelajaran. Maka pembelajaran biologi dengan
menggunakan PBL pada materi sistem ekskresi di kelas XI MIA 4 SMA Negeri 16 Medan dinyatakan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penguasaan sisswa; Indikator pemebelajaran; Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 02 May 2024 03:27 |
Last Modified: | 02 May 2024 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56099 |