Ginting, Nia Aprilia (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Write Around Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Di Kelas X SMA Swasta Masehi GBKP Berastagi. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2193111043 COVER.pdf
Download (67kB)
2. NIM.2193111043 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM.2193111043 ABSTRACT.pdf
Download (311kB)
4. NIM.2193111043 PREFACE.pdf
Download (342kB)
5. NIM.2193111043 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (246kB)
6. NIM.2193111043 LIST OF TABLE.pdf
Download (192kB)
7. NIM.2193111043 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (190kB)
8. NIM.2193111043 CHAPTER I.pdf
Download (630kB)
12. NIM.2193111043 CHAPTER V.pdf
Download (244kB)
13. NIM.2193111043 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (310kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis keterampilan siswa kelas X SMA Swasta Masehi GBKP Berastagi dalam menulis puisi sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe write around; (2) Menganalisis keterampilan siswa kelas X SMA Swasta Masehi GBKP Berastagi dalam menulis puisi setelah
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe write around; (3) Menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe write around terhadap keterampilan menulis puisi di kelas X SMA Swasta Masehi GBKP Berastagi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain
penelitian one group pre-test post-test design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Masehi GBKP Berastagi yang berjumlah 212 orang dan sampel siswa kelas X MIPA 1 berjumlah 36 orang. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe write around adalah 55,55 tergolong ke dalam
kategori cukup sedangkan nilai rata-rata keterampilan siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe write around adalah 80 tergolong ke dalam kategori baik. Berdasarkan uji t diperoleh nilai pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai ketentuan ttabel sebesar 2,030 dan hasil thitung = = 4,720. Jadi, thitung > ttabel yaitu 4,720 > 2,030 sehingga h0 ditolak dan ha diterima. Berdasarkan data tersebut, maka hasil dari penelitian ini ialah: 1) Kemampuan menulis puisi siswa kelas X di SMA Swasta Masehi GBKP Berastagi sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe write around tergolong dalam kategori cukup. 2) Keterampilan menulis puisi di kelas X SMA Swasta Masehi GBKP Berastagi setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe write around tergolong dalam kategori baik. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe write around terhadap keterampilan menulis puisi di kelas X SMA Swasta Masehi GBKP Berastagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengaruh, Write Around, Puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 May 2024 02:42 |
Last Modified: | 02 May 2024 02:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55985 |