Pengaruh Model Pembelajaran Scaffolding Terhadap Kemampuan Menulis Resensi Buku Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023

Siregar, Hotmaida (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Scaffolding Terhadap Kemampuan Menulis Resensi Buku Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.2193111002 COVER.pdf] Text
1. NIM.2193111002 COVER.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 2. NIM.2193111002 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.2193111002 APPROVAL SHEET.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 3. NIM.2193111002 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.2193111002 ABSTRACT.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 4. NIM.2193111002 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.2193111002 PREFACE.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 5. NIM.2193111002 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.2193111002 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 6. NIM.2193111002 LIST OF TABLE.pdf] Text
6. NIM.2193111002 LIST OF TABLE.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 7. NIM.2193111002 LIST OF APPENDIX.pdf] Text
7. NIM.2193111002 LIST OF APPENDIX.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 8. NIM.2193111002 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM.2193111002 CHAPTER I.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of 12. NIM.2193111002 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM.2193111002 CHAPTER V.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 13. NIM.2193111002 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM.2193111002 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (531kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Scaffolding terhadap kemampuan menulis resensi siswa kelas XI SMA Negeri 6 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI sebanyak 210 orang. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen, serta masing-masing kelas berjumlah 35 orang. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan tipe post-test control group design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes essai. Hasil penelitian 1) kemampuan menulis resensi buku pada siswa kelas XI MIA-3 (kelas kontrol) SMA Negeri 6 Medan dengan menggunakan model konvensional tertinggi berada pada kategori rendah dengan persentase 71,42% dari 35 siswa. 2) Kemampuan menulis resensi buku pada siswa kelas MIA-3 (kelas eksperimen) SMA Negeri 6 Medan dengan menggunakan model scaffolding tertinggi berada pada kategori sangat baik dengan persentase 88,23% dari 35 siswa. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai kemampuan siswa dalam menulis resensi buku kelas ekperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh t hitung to = 3,88 setelah diuji signifikansinya pada taraf signifikan 5%
dengan df = (N1+N2)-2 = (34-34)-2 =66. Pada taraf t dengan df = 66 diperoleh taraf signifikansinya 1,99, karena to yang diperoleh lebih besar daripada t tabel yaitu 3,88 >1,99, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Scaffolding, Teacher Centered Learning, Resensi Buku
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 26 Apr 2024 09:25
Last Modified: 26 Apr 2024 09:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55706

Actions (login required)

View Item
View Item