Siregar, Hotmaida (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Scaffolding Terhadap Kemampuan Menulis Resensi Buku Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2193111002 COVER.pdf
Download (64kB)
2. NIM.2193111002 APPROVAL SHEET.pdf
Download (3MB)
3. NIM.2193111002 ABSTRACT.pdf
Download (35kB)
4. NIM.2193111002 PREFACE.pdf
Download (134kB)
5. NIM.2193111002 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (60kB)
6. NIM.2193111002 LIST OF TABLE.pdf
Download (60kB)
7. NIM.2193111002 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (32kB)
8. NIM.2193111002 CHAPTER I.pdf
Download (419kB)
12. NIM.2193111002 CHAPTER V.pdf
Download (61kB)
13. NIM.2193111002 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (531kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Scaffolding terhadap kemampuan menulis resensi siswa kelas XI SMA Negeri 6 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI sebanyak 210 orang. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen, serta masing-masing kelas berjumlah 35 orang. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan tipe post-test control group design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes essai. Hasil penelitian 1) kemampuan menulis resensi buku pada siswa kelas XI MIA-3 (kelas kontrol) SMA Negeri 6 Medan dengan menggunakan model konvensional tertinggi berada pada kategori rendah dengan persentase 71,42% dari 35 siswa. 2) Kemampuan menulis resensi buku pada siswa kelas MIA-3 (kelas eksperimen) SMA Negeri 6 Medan dengan menggunakan model scaffolding tertinggi berada pada kategori sangat baik dengan persentase 88,23% dari 35 siswa. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai kemampuan siswa dalam menulis resensi buku kelas ekperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh t hitung to = 3,88 setelah diuji signifikansinya pada taraf signifikan 5%
dengan df = (N1+N2)-2 = (34-34)-2 =66. Pada taraf t dengan df = 66 diperoleh taraf signifikansinya 1,99, karena to yang diperoleh lebih besar daripada t tabel yaitu 3,88 >1,99, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Scaffolding, Teacher Centered Learning, Resensi Buku |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 09:25 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 09:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55706 |