Siregar, Hotmaida (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Scaffolding Terhadap Kemampuan Menulis Resensi Buku Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
![[thumbnail of 1. NIM.2193111002 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM.2193111002 COVER.pdf
Download (64kB)
![[thumbnail of 2. NIM.2193111002 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM.2193111002 APPROVAL SHEET.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 3. NIM.2193111002 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM.2193111002 ABSTRACT.pdf
Download (35kB)
![[thumbnail of 4. NIM.2193111002 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM.2193111002 PREFACE.pdf
Download (134kB)
![[thumbnail of 5. NIM.2193111002 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM.2193111002 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (60kB)
![[thumbnail of 6. NIM.2193111002 LIST OF TABLE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM.2193111002 LIST OF TABLE.pdf
Download (60kB)
![[thumbnail of 7. NIM.2193111002 LIST OF APPENDIX.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM.2193111002 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (32kB)
![[thumbnail of 8. NIM.2193111002 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM.2193111002 CHAPTER I.pdf
Download (419kB)
![[thumbnail of 12. NIM.2193111002 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM.2193111002 CHAPTER V.pdf
Download (61kB)
![[thumbnail of 13. NIM.2193111002 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM.2193111002 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (531kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Scaffolding terhadap kemampuan menulis resensi siswa kelas XI SMA Negeri 6 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI sebanyak 210 orang. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen, serta masing-masing kelas berjumlah 35 orang. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan tipe post-test control group design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes essai. Hasil penelitian 1) kemampuan menulis resensi buku pada siswa kelas XI MIA-3 (kelas kontrol) SMA Negeri 6 Medan dengan menggunakan model konvensional tertinggi berada pada kategori rendah dengan persentase 71,42% dari 35 siswa. 2) Kemampuan menulis resensi buku pada siswa kelas MIA-3 (kelas eksperimen) SMA Negeri 6 Medan dengan menggunakan model scaffolding tertinggi berada pada kategori sangat baik dengan persentase 88,23% dari 35 siswa. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai kemampuan siswa dalam menulis resensi buku kelas ekperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh t hitung to = 3,88 setelah diuji signifikansinya pada taraf signifikan 5%
dengan df = (N1+N2)-2 = (34-34)-2 =66. Pada taraf t dengan df = 66 diperoleh taraf signifikansinya 1,99, karena to yang diperoleh lebih besar daripada t tabel yaitu 3,88 >1,99, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Scaffolding, Teacher Centered Learning, Resensi Buku |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 09:25 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 09:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55706 |