Pengaruh Model Pembelajaran 3M (Meniru, Mengolah Dan Mengembangkan) Terhadap Kemampuan Menulis Surat Pribadi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Medan

Malau, Ester Romaito (2023) Pengaruh Model Pembelajaran 3M (Meniru, Mengolah Dan Mengembangkan) Terhadap Kemampuan Menulis Surat Pribadi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.2192111001 COVER.pdf] Text
1. NIM.2192111001 COVER.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 2. NIM.2192111001 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.2192111001 APPROVAL SHEET.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of 3. NIM.2192111001 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.2192111001 ABSTRACT.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of 4. NIM.2192111001 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.2192111001 PREFACE.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of 5. NIM.2192111001 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.2192111001 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of 6. NIM.2192111001 LIST OF FIGURE.pdf] Text
6. NIM.2192111001 LIST OF FIGURE.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 7. NIM.2192111001 LIST OF TABLE.pdf] Text
7. NIM.2192111001 LIST OF TABLE.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of 8. NIM.2192111001 LIST OF APPENDIX.pdf] Text
8. NIM.2192111001 LIST OF APPENDIX.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of 9. NIM.2192111001 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM.2192111001 CHAPTER I.pdf

Download (629kB)
[thumbnail of 13. NIM.2192111001 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM.2192111001 CHAPTER V.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 14. NIM.2192111001 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM.2192111001 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (427kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran 3 M (Meniru, Mengolah dan Mengembangkan) terhadap kemampuan menulis surat pribadi pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII sebanyak 344 orang. Sampel berjumlah 30 orang dalam kelas kontrol dan kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan tipe post-test only control group design
dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes essai. Hasil penelitian 1) Kemampuan menulis surat pribadi pada kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional berada pada kategori sangat rendah dengan persentase 51% dari 30 siswa. 2) Kemampuan menulis surat pribadi pada siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model 3 M (Meniru, Mengolah dan Mengembangkan) berada pada kategori sangat baik dengan persentase 87,66% dari 30 siswa. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai kemampuan siswa menulis surat pribadi kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. 3) Berdasarkan hasil analisis, diperoleh t hitung = 13,321 dan t tabel = 1,699, sehingga
diperoleh jika t hitung ˃ t tabel atau 13,321 ˃ 1,699. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, berarti penerapan Model Pembelajaran 3 M (Meniru, Mengolah, dan Mengembangkan) berpengaruh pada kemampuan menulis surat
pribadi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Surat pribadi, Model 3M (Meniru, Mengolah dan Mengembangkan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 25 Apr 2024 08:41
Last Modified: 25 Apr 2024 08:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55626

Actions (login required)

View Item
View Item