Malau, Ester Romaito (2023) Pengaruh Model Pembelajaran 3M (Meniru, Mengolah Dan Mengembangkan) Terhadap Kemampuan Menulis Surat Pribadi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2192111001 COVER.pdf
Download (202kB)
2. NIM.2192111001 APPROVAL SHEET.pdf
Download (385kB)
3. NIM.2192111001 ABSTRACT.pdf
Download (335kB)
4. NIM.2192111001 PREFACE.pdf
Download (407kB)
5. NIM.2192111001 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (391kB)
6. NIM.2192111001 LIST OF FIGURE.pdf
Download (217kB)
7. NIM.2192111001 LIST OF TABLE.pdf
Download (249kB)
8. NIM.2192111001 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (334kB)
9. NIM.2192111001 CHAPTER I.pdf
Download (629kB)
13. NIM.2192111001 CHAPTER V.pdf
Download (246kB)
14. NIM.2192111001 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (427kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran 3 M (Meniru, Mengolah dan Mengembangkan) terhadap kemampuan menulis surat pribadi pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII sebanyak 344 orang. Sampel berjumlah 30 orang dalam kelas kontrol dan kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan tipe post-test only control group design
dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes essai. Hasil penelitian 1) Kemampuan menulis surat pribadi pada kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional berada pada kategori sangat rendah dengan persentase 51% dari 30 siswa. 2) Kemampuan menulis surat pribadi pada siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model 3 M (Meniru, Mengolah dan Mengembangkan) berada pada kategori sangat baik dengan persentase 87,66% dari 30 siswa. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai kemampuan siswa menulis surat pribadi kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. 3) Berdasarkan hasil analisis, diperoleh t hitung = 13,321 dan t tabel = 1,699, sehingga
diperoleh jika t hitung ˃ t tabel atau 13,321 ˃ 1,699. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, berarti penerapan Model Pembelajaran 3 M (Meniru, Mengolah, dan Mengembangkan) berpengaruh pada kemampuan menulis surat
pribadi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Surat pribadi, Model 3M (Meniru, Mengolah dan Mengembangkan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 08:41 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 08:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55626 |