Sagala, Desi Monika (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Brain Writing Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMK Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2192411014 COVER.pdf
Download (101kB)
2. NIM.2192411014 APPROVAL SHEET.pdf
Download (2MB)
3. NIM.2192411014 ABSTRACT.pdf
Download (86kB)
4. NIM.2192411014 PREFACE.pdf
Download (233kB)
5. NIM.2192411014 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (139kB)
6. NIM.2192411014 LIST OF TABLE.pdf
Download (84kB)
7. NIM.2192411014 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (84kB)
8. NIM.2192411014 CHAPTER I.pdf
Download (508kB)
12. NIM.2192411014 CHAPTER V.pdf
Download (285kB)
13. NIM.2192411014 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (264kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Brain Writing terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMK Negeri 4 Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI sebanyak 286 orang. Sampel berjumlah ini terdiri atas dua kelas jumlah siswa 58 kelas XI AV, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen serta masing-masing kelas berjumlah 28 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan tipe post-test only kontrol group desain dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes esai. Hasil penelitian 1) kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas XI AV3 (kelas kontrol) SMK Negeri 4 Medan dengan menggunakan model pembelajaran teacher centered learning (TCL) dengan rata-rata nilai siswa 61,46 berada pada kategori cukup dengan presentase 53% dari 28 siswa. 2) kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas XI AV1 (kelas eksperimen) SMK Negeri 4 Medan dengan menggunakan model pembelajaran brain writing dengan rata-rata nilai
siswa 84,6 berada pada kategori sangat baik 53% dari 28 siswa. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai kemampuan menulis cerita pendek kelas eksperimen lebih
tinggi dibandingkan kelas kontrol. 3) Berdasarkan hasil analisis di peroleh Thitung = 6,29 dan Ttabel = 2,051 sehingga diperoleh Thitung> Ttabel atau 6,29>2,052. Jadi dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, berarti penerapan model pembelajaran brain writing berpengaruh pada kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMK Negeri 4 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengaruh, Brain Writing, Menulis Cerita Pendek |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 03:25 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55415 |