Lubis, Sanggam Randa (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PQ4R TERHADAP KEMAMPUAN MEMORI JANGKA PANJANG SISWA PADA MATERI PLANTAE DI KELAS X SMA NEGERI 1 DOLOK MASIHUL TA 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4193141038 COVER.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
2. NIM 4193141038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 4193141038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
4. NIM 4193141038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (589kB) | Preview
5. NIM 4193141038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
6. NIM 4193141038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
7. NIM 4193141038 TABLES.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
8. NIM 4193141038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
9. NIM 4193141038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
13. NIM 4193141038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
14. NIM 4193141038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran nPQ4R terhadap kemampuan memori jangka panjang siswa kelas X di SMA Negeri 1 Dolok Masihul TA 2022/2023. Sampel dari penelitian diperoleh dengan teknik purposive sampling tujuannya untuk mendapatkan dua kelas yang tidak jauh berbeda kemampuannya. Sampel dari penelitian ini adalah X IPA C sebagai kelas eksperimen dan X IPA D sebagai kelas kontrol. Desain penelitian adalah kuasi eksperimen dengan empat kali tes, yaitu pretest (T0), posttest (T1), retest 1
(T2) dan retest 2 (T3). Instrumen penelitian yang digunakan tes soal berbentuk essay berjumlah 10 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selisih rata-rata nilai postest ke retest I dan retest I ke retest II pada kelas eksperimen lebih kecil dibandingkan kelas kontrol. Semakin kecil selisih rata-rata nilai postest ke retest I dan retest I ke retest II maka semakin baik kemampuan memori jangka panjang
yang dimiliki oleh siswa. Analisis data untuk uji hipotesis menggunakan Uji t yaitu paired sample t-test, menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan t-hitung = 5,037 > 2,032 (t-tabel) artinya H0 ditolak,
ada pengaruh metode PQ4R terhadap kemampuan memori jangka panjang siswa. Pada kelas kontrol nilai signifikansi 0,088 > 0,05, 2,032 (t-hitung < t-tabel). artinya H0 diterima dimana tidak ada pengaruh metode ceramah, diskusi dan tanya
jawab terhadap kemampuan memori jangka panjang siswa. Selain itu, penurunan retensi pada kelas eksperimen setelah dua minggu 10,6 % sedangkan pada kelas kontrol sebesar 25,4 %. Setelah empat minggu, penurunan retensi pada kelas
eksperimen 4,7 %, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 7,1 %. Sehingga dapat disimpukan bahwa kemampuan memori jangka panjang siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengaruh, Metode Pembelajaran PQ4R, Memori Jangka Panjang |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 02:56 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54156 |