PURBA, RICAN (2023) PENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN, TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI PERIODE 2019-2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7163220049 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM 7163220049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
3. NIM 7163220049 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4. NIM 7163220049 ABSTRACTS.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
5. NIM 7163220049 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
6. NIM 7163220049 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
7. NIM 7163220049 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 7163220049 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
9. NIM 7163220049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
13. NIM 7163220049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
14. NIM 7163220049 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana timbal balik sebuah perusahaan kepada masyarakat dan lingkungan sekitarnya karena perusahaan telah mengambil keuntungan atas masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Proses pengambilan keuntungan tersebut perusahaan seringkali menimbulkan kerusakan lingkungan dan dampak sosial lainnya. Pertanggungjawaban sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah komitmen perusahaan untuk memberikan kontribusi jangka panjang terhadap suatu isu tertentu di masyarakat atau lingkungan guna menciptakan lingkungan yang lebih baik. Kontribusi dari perusahaan ini bisa berupa banyak hal, misalnya: bantuan dana, bantuan tenaga ahli dari perusahaan, bantuan berupa barang, dan bantuan lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menguraikan pengaruh profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur periode 2019-2021 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Sampel yang digunakan berjumlah 45 perusahaan dari total 135 data perusahaan yang diperoleh menggunakan strategi purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda, serta pengolahan data menggunakan perhitungan statistik SPSS.
Berdasarkan hasil secara parsial dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. Dan variabel ukuran perusahaan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari pada tingkat signifikan 0,05.
Kesimpulan penelitian ini adalah profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility.Ukuran perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Pengungkapan Corporate Social Responsibility. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 07:52 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 07:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53947 |