Nuranisa, Sevty (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL PADA MATERI MENGANALISIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA SWASTA ERIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2173311066 COVER.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
2. NIM 2173311066 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (597kB) | Preview
3. NIM 2173311066 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
4. NIM 2173311066 PREFACE.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
5. NIM 2173311066 TABLE IS CONTENT.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
6. NIM 2173311066 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. NIM 2173311066 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. NIM 2173311066 LIST OF DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
9. NIM 2173311066 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
10. NIM 2173311066 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (537kB) | Preview
14. NIM 2173311066 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
15. NIM 2173311066 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik digital
pada materi menganalisis teks negosiasi dan untuk mengetahui kelayakan media
pembelajaran komik digital pada materi menganalisis teks negosiasi siswa kelas X
SMA Swasta Eria Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas X MIPA 1 sebanyak 25 siswa. Jenis penelitian ini adalah
Reseaarch and Development (Rnd) dengan model pengembangan ADDIE. Model
pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu Analysis (analisis), Design
(desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan
Evaluation (evaluasi). Validasi media pembelajaran dilakukan oleh ahli materi,
ahli media, dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Teknik analisis data yang
digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian dan pengembangan
yang dilakukan berupa media pembelajaran komik digital yang dapat diakses
melalui smartphone maupun komputer dengan secara online. Media pembelajaran
yang dikembangkan memperoleh penilaian oleh para ahli diantaranya. (1) Ahli
Materi mendapat persentase 91% bahwa artinya sangat layak; (2) Ahli media
mendapatkan persentase 88% dengan kategori sangat layak; (3) dan Validasi guru
mata pelajaran dengan persentase penilaian sebesar 96%. Jika ketiga persentase di
reratakan maka mendapat hasil 91,6% yang dikategorikan ke dalam kriteria
penilaian “Sangat Layak”. Kemudian pada uji lapangan oleh 25 peserta didik
mendapat nilai dari setiap aspek yaitu sebesar 94% yang masuk kedalam kategori
“sangat layak”. Dari semua hasil penilaian yang didapat media pembelajaran pada
materi menganalisis teks negosiasi termasuk kategori media yang layak untuk
digunakan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran, Komik Digital, Teks Negosiasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 01:35 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 02:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53708 |