Hanum, Rafidhah (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS IV MIN MESJID RAYA BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.
1 Cover.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2 Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
3 Abstral.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
6 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9 BAB I.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
13 BAB V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
14 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan :(1) perbedaan kemampuan awal (pre tes) menulis narasi siswa, (2) perbedaan kemampuan menulis narasi siswa (post tes) kelas IV MIN Mesjid Raya Banda Aceh tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakssanakan di MIN Mesjid Raya Banda Aceh pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIN Mesjid Raya Banda Aceh Tahun Pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik sampel populasi yaitu dengan seluruh kelas sebagai sampel penelitian, maka sampel penelitian ini adalah kelas Iv-a yang berjumlah 36 orang dan kelas IV-b yang berjumlah 34 orang sehingga jumlah keseluruhan sampel adalah 70 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan essay test. Kriteria pemberian nilai tes meliputi organisasi tulisan, terdapatnya ciri-ciri narasi dan terdapatnya struktur narasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tidak ada perbedaan hasil belajar menulis narasi siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis teks dengan strategi pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil perhitungan uji beda diperoleh bahwa nilai Thitung 0,120 < 1,997, (2) ada perbedaan hasil belajar menulis narasi siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis teks dengan pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil perhitungan uji beda diperoleh bahwa nilai Thitung 2,256 > Ttabel 1,997. Hal ini sangat sesuai dengan kerangka berfikir yang telah diuraikan sebelumnya. Berdasarkan hasil analsis selama proses penelitian, peneliti mengamati bahwa setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam memahami satu pelajaran. Berdasarkan perbedaan-perbedaan yang ada, baik seara teoretik maupun yang dibuktikan dengan analisis statistik dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis teks memberi pengaruh yang lebih baik jika dibandingkan dengan strategi pembelajaran langsung terhadap hasil belajar menulis narasi siswa kelas IV di MIN Mesjid Raya Banda Aceh Tahun Pelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.623 Han p |
Keywords: | Model pembelajaran berbasis teks; Pembelajaran langsung; Kemampuan menulis teks narasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 May 2016 18:01 |
Last Modified: | 10 May 2016 18:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5161 |