Muliaman, Agus (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN GUIDED INQUIRY PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4113131001 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 4113131001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
3. NIM 4113131001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
4. NIM 4113131001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM 4113131001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
6. NIM 4113131001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
7. NIM 4113131001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
8. NIM 4113131001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
9. NIM 4113131001 BAB I.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
13. NIM 4113131001 BAB V.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
14. NIM 4113131001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan peningkatan hasil belajar yang diajarkan dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan model Guided Inquiry (GI) dan peningkatan ranah kognitif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposif sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu X MIPA-1 dan sebagai eksperimen 1 dan X MIPA 9 sebagai eksperimen 2. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan ganda berjumlah 30 soal yang telah teruji validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, distraktor, serta reliabilitas. Harga r_11 yang diperoleh 0,892 dan harga rtabel = 0,312. reliabilitas dikatakan reliabel dikarenakan rhitung> rtabel. Kelas eksperimen 1 diberikan perlakuan dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning dan kelas eksperimen 2 diberikan perlakuan dengan menggunakan model Guided Inquiry. Setelah dilakukan pretest dan posttest dan pengolahan data maka diperoleh χ2Hitung pre-test 0,380 dan χ2Hitung post-test 0,319 untuk kelas eksperimen 1 dan χ2Hitung pre-test 0,223 dan χ2Hitung post-test 0,107 untuk kelas eksperimen 2 serta nilai sign α = sebesar 0,05. Karena χ2Hitung > sign, maka data berdistribusi normal. Pada uji homogenitas nilai Sign lebih kecil dari α , yaitu 0,248 > 0,05 untuk nilai pretes, 0,16 > 0,05 untuk nilai postes, dan 0,743 > 0,05 untuk gain sehingga data homogen. Gain hasil belajar di kelas eksperimen 1 0,7756 (75,56 %), gain hasil belajar di kelas eksperimen 2 0,5640 (56,40 %). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh harga sign < α yaitu 0,00 < 0,05 dengan taraf signifikansi (α = 0,05) sehingga Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan peningkatan hasil belajar yang diajarkan dengan model Contextual Teaching and Learning dan model Guided Inquiry. Selain itu, diperoleh juga peningkatan ranah kognitif siswa di kelas eksperimen 1 yaitu pada tingkat pengetahuan (C1) 54,17%, pemahaman (C2) 78,85%, penerapan (C3) 75,62%, dan analisis (C4) 77,22% dan di kelas eksperimen 2 yaitu pada tingkat pengetahuan (C1) 51,67%, pemahaman (C2) 47,93%, penerapan (C3) 49,58%, dan analisis (C4) 65,05%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 005 |
Keywords: | CTL; GI; Struktur Atom; Hasil Belajar; SPSS-21 for windows |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry Q Science > QD Chemistry > QD625 Radiation chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 May 2016 16:55 |
Last Modified: | 08 May 2016 17:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5099 |