PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN GUIDED INQUIRY PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM

Muliaman, Agus (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN GUIDED INQUIRY PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4113131001  COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4113131001 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4113131001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4113131001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4113131001 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4113131001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4113131001 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4113131001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4113131001 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4113131001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4113131001 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4113131001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4113131001 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4113131001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4113131001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4113131001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4113131001 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4113131001 BAB I.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4113131001 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4113131001 BAB V.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4113131001 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4113131001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan peningkatan hasil belajar yang diajarkan dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan model Guided Inquiry (GI) dan peningkatan ranah kognitif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposif sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu X MIPA-1 dan sebagai eksperimen 1 dan X MIPA 9 sebagai eksperimen 2. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan ganda berjumlah 30 soal yang telah teruji validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, distraktor, serta reliabilitas. Harga r_11 yang diperoleh 0,892 dan harga rtabel = 0,312. reliabilitas dikatakan reliabel dikarenakan rhitung> rtabel. Kelas eksperimen 1 diberikan perlakuan dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning dan kelas eksperimen 2 diberikan perlakuan dengan menggunakan model Guided Inquiry. Setelah dilakukan pretest dan posttest dan pengolahan data maka diperoleh χ2Hitung pre-test 0,380 dan χ2Hitung post-test 0,319 untuk kelas eksperimen 1 dan χ2Hitung pre-test 0,223 dan χ2Hitung post-test 0,107 untuk kelas eksperimen 2 serta nilai sign α = sebesar 0,05. Karena χ2Hitung > sign, maka data berdistribusi normal. Pada uji homogenitas nilai Sign lebih kecil dari α , yaitu 0,248 > 0,05 untuk nilai pretes, 0,16 > 0,05 untuk nilai postes, dan 0,743 > 0,05 untuk gain sehingga data homogen. Gain hasil belajar di kelas eksperimen 1 0,7756 (75,56 %), gain hasil belajar di kelas eksperimen 2 0,5640 (56,40 %). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh harga sign < α yaitu 0,00 < 0,05 dengan taraf signifikansi (α = 0,05) sehingga Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan peningkatan hasil belajar yang diajarkan dengan model Contextual Teaching and Learning dan model Guided Inquiry. Selain itu, diperoleh juga peningkatan ranah kognitif siswa di kelas eksperimen 1 yaitu pada tingkat pengetahuan (C1) 54,17%, pemahaman (C2) 78,85%, penerapan (C3) 75,62%, dan analisis (C4) 77,22% dan di kelas eksperimen 2 yaitu pada tingkat pengetahuan (C1) 51,67%, pemahaman (C2) 47,93%, penerapan (C3) 49,58%, dan analisis (C4) 65,05%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 KIM 005
Keywords: CTL; GI; Struktur Atom; Hasil Belajar; SPSS-21 for windows
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD625 Radiation chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 08 May 2016 16:55
Last Modified: 08 May 2016 17:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5099

Actions (login required)

View Item
View Item