Saragih, Elfratiwy (2015) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB MISKONSEPSI SISWA DI KELAS IX PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH SMP NEGERI SEKOTA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4113341012 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2 NIM 4113341012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
3 NIM 4113341012 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4 NIM 4113341012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5 NIM 4113341012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6 NIM 4113341012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7 NIM 4113341012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
8 NIM 4113341012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9 NIM 4113341012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
10 NIM 4113341012 BAB I.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
14 NIM 4113341012 BAB V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
15 NIM 4113341012 BAB IV DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Miskonsepsi merupakan suatu keadaan dimana siswa memiliki pemahaman konsep yang berbeda dengan konsep para ahli. Miskonsepsi dapat mengakibatkan kesulitan siswa dalam memahami pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak siswa yang mengalami miskonsepsi dan menganalisis faktor-faktor penyebab miskonsepsi siswa di kelas IX SMP Negeri se-kota Medan pada materi sistem peredaran darah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri se-kota Medan. Populasi penelitian pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di SMP Negeri se-kota Medan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan secara stratified random sampling, jadi data dikumpulkan dari 186 siswa kelas IX dari 6 sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri se-kota Medan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes diagnostik dua dimensi, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 60,28% siswa mengalami miskonsepsi terhadap materi sistem peredaran darah. Secara umum factor penyebab miskonsepsi adalah siswa, Guru, buku/teks, konteks dan cara mengajar. Pada penelitian ini faktor yang menjadi penyebab miskonsepsi siswa yaitu buku pelajaran 23,65%, pengalaman sehari-hari 22,71%, teman sebaya 16,72%, lembar kerja siswa 7,32%, blog 6,83%, Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) 5,74%, buku komik sains 3,30%, Guru Sekolah Dasar (SD) 2,71%, facebook 2,24%, majalah 1,43%, Orang Tua 0,74%, youtube 0,69%, dan sumber lain 5,60%. Faktor yang paling dominan sebagai penyebab miskonsepsi siswa adalah buku pelajaran, pengalaman sehari-hari, teman sebaya, lembar kerja siswa dan blog. Sementara itu faktor lain yang juga menyebabkan miskonsepsi siswa adalah buku komik sains, majalah, interaksi dengan orang tua, Guru Sekolah Dasar, Guru Sekolah Menegah Pertama, dan Guru Les. Penelitian ini dapat membantu kita untuk mengetahui cara meminimalisir miskonsepsi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 019 |
Keywords: | Miskonsepsi; Faktor Penyebab Miskonsepsi Siswa; Peredaran Darah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 May 2016 01:02 |
Last Modified: | 03 May 2016 01:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5078 |