MANULLANG, SARIMA ENJELINA (2023) PENGARUH E-COMMERCE DAN EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY) TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2019 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7183141033 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 7183141033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
3. NIM. 7183141033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4. NIM. 7183141033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
5. NIM. 7183141033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM. 7183141033 TABLES.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
7. NIM. 7183141033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
8. NIM. 7183141033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
9. NIM. 7183141033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
13. NIM. 7183141033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
14. NIM. 7183141033 CHAPTER BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh E-commerce dan efikasi diri (self efficacy) terhadap minat berwirausaha mahasiwa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan yang beralamat di Jalan William Iskandar Pasar V Medan.
Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Dengan populasi adalah mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2019 yang berjumlah 103 orang mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 82 orang mahasiswa. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan angket. Angket digunakan terlebih dahulu di uji validitas dan reliabilitas sebelum disebarkan pada responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, uji multikoleniaritas, linear berganda , koefisien determinasi, uji t dan uji F dengan dengan menggunakan aplikasi software SPSS 20 for windows.
Hasil uji T menunjukkan bahwa E-commerce berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi dengan thitung> ttabel dimana 2,388 > 1,664 dengan nilai signifikan 0,019 < 0,05. Efikasi diri (self efficacy) berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi dengan thitung> ttabel (2,548 >1,664) dan nilai signfikansi 0,013<0,05. Hasil uji F secara parsial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara E-commerce dan efikasi diri (self efficacy) terhadap minat berwirausaha dengan Fhitung > Ftabel sebesar 56,335> 3,11 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Hasil perhitungan analisis regresi berganda diperoleh hasil Y = 26,753 + 0,311 X1 + 0,371X2 dengan koefisien determinasi sebesar 58%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan E-commerce dan efikasi diri (self efficacy) terhadap minat berwirausaha dengan memberikan kontribusi pengaruh sebesar 58% dan sisanya 42% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-Commerce, Efikasi Diri (Self Efficacy) dan Minat Berwirausaha. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 02:36 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 02:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50722 |