PRATIWI, RODIAH (2023) PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (STUDI KASUS TERHADAP PENGGUNA APLIKASI SHOPEE PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BISNIS 2019 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN). Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1 NIM. 7183343007 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2 NIM. 7183343007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
3 NIM. 7183343007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4 NIM.7183343007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
5 NIM. 7183343007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
6 NIM. 7183343007 TABLES.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
7 NIM.783343007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
8 NIM. 7183343007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
12 NIM.7183343007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
13 NIM. 7183343007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat promosi dan harga terhadap loyalitas konsumen pengguna aplikasi Shopee pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis 2019 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan harga terhadap loyalitas konsumen pada pengguna Aplikasi Shopee mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis 2019 FE UNIMED. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 52 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria responden merupakan pengguna aplikasi Shopee. Sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 38 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan dokumentasi dan angket (kuesioner) dengan pilihan jawaban menggunakan skala likert.
Hasil analisis data menunjukkan besarnya kontribusi antara variabel bebas terhadap variabel terikat yang diperoleh melalui perhitungan koefisien determinasi (R Square) yaitu sebesar 0,449 atau dengan kata lain nilai koefisien determinasinya adalah 44,9%. Nilai tersebut berarti bahwa variabel promosi (X1) dan harga (X2) memberikan kontribusi pengaruh sebesar 44,9% terhadap loyalitas konsumen (Y) pada pengguna Shopee mahasiswa prodi Pendidikan Bisnis 2019, sedangkan 55,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini menunjukkan bahwa promosi dan harga merupakan faktor penting dalam meningkatkan loyalitas konsumen dalam suatu perusahaan. Promosi yang menarik dengan berbagai penawaran yang diberikan kepada konsumen, akan mendorong konsumen untuk melakukan pembelian ulang. Begitu juga dengan harga, karena harga dapat memberikan daya tarik konsumen terhadap suatu barang, dan sesuai dengan manfaat yang dirasakan hal ini tentunya akan memberikan tingkat kesetiaan pelanggan terhadap perusahaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Promosi, Harga, Loyalitas Konsumen |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB221 Price |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 10 Feb 2023 07:56 |
Last Modified: | 10 Feb 2023 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50632 |