Siregar, Shopiah Dhuha (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN BIOCARD TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI MIA SMAS PAB 8 SAENTIS TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4183341006 COVER.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
2. 4183341006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
3. 4183341006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
4. 4183341006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
5. 4183341006 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
6. 4183341006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
7. 4183341006 TABLES.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
8. 4183341006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
9. 4183341006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
13. 4183341006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
14. 4183341006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Treffinger berbantuan biocard terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem ekskresi di kelas XI MIA SMAS PAB 8 Saentis Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian Nonquivalent Control Group. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas XI IPA SMAS PAB 8 Saentis Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 4 kelas dengan 108 orang siswa. Sampel penelitian adalah kelas XI MIA 2 dengan 22 orang siswa yang diberi perlakukan dengan model pembelajaran Treffinger berbantuan biocard dan XI MIA 1 dengan 23 orang siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran problem based learning. Kedua sampel dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes essai keterampilan berpikir kreatif pada materi sistem eksrkesi yang berjumlah 20 soal. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil akhir rata- rata keterampilan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen yakni 75,00 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol denga nilai 68,05. N-gain pada kelas ekperimen adalah sebesar 0,67 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan N-gain sebesar 0,59. Berdasarkan hasil uji hipotesis didapatkan bahwasanya nilai signifikansi pada data posttest 0,049 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Treffinger berbantuan biocard berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem ekskresi di kelas XI MIA SMAS PAB 8 Saentis Tahun Ajaran 2021/2022
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BIO-138 / 371.33 Sir p |
Keywords: | Keterampilan Berpikir Kreatif; Biocard; Model Pembelajaran Treffinger; Materi Sistem Ekskresi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 09:41 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 09:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49408 |