Simamora, Lusiana (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD NEGERI 060910 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126121027 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 8126121027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
3. NIM. 8126121027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM. 8126121027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5. NIM. 8126121027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 8126121027 TABLES.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7. NIM. 8126121027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
8. NIM. 8126121027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
9. NIM. 8126121027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
13. NIM. 8126121027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
14. NIM. 8126121027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dan hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) untuk mengetahui hasil belajar IPSantara siswa dengan gayabelajarrendah dan hasil belajar IPS siswa dengan gayabelajar, dan (3) untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan gayabelajarsiswaterhadaphasilbelajar IPS.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 060910Medan. Populasi terdiri atas tiga kelas yang terdiri atas 105 siswa. Sampel penelitian ditetapkan kelas IV-B yang menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dan kelas IV-C yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Intrumen penelitian ini untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 38 soal dengan koefisien reliabilitas 0,934sedangkan untuk mendapatkan data tentang gayabelajarsiswa digunakan angket dengan 50 butir soal dan koefisien reliabilitasnya 0,934 Uji normalitas dengan uji Liliefors sedangkan uji homogenitas dengan uji Fisher dan uji Barlett. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe.
Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah X = 28,89 lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori X = 27,02 ,dengan Fhitung = 16,16> Ftabel = 3,9 (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan gayabelajarkinestetikX = 29,9 lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan gayabelajarvisualX= 26,33dengan Fhitung = 4,51> Ftabel = 3,9, (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gayabelajarterhadap hasil belajar IPS dengan Fhitung = 5,38> Ftabel = 3,9
Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang tepat digunakan pada siswa yang gayabelajarnyakinestetikadalah strategi pembelajaran berbasis masalah sedangkan siswa dengan gayabelajarvisual, strategi yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran ekspositori. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru IPS yaitu dalam penerapan strategi pembelajaran memperhatikan karakteristik siswa khususnya karakteristik gayabelajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Sim p |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Pembelajaran ekspositori; Pembelajaran berbasis masalah; Gaya belajar; IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 18:25 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 18:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4935 |