Safitri, Wulan Dwi (2022) PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR INOVATIF BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PENGAJARAN ANALISIS ANION. Masters thesis, UNIMED.
1. 8206141001 COVER.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
2. 8206141001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
3. 8206141001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
4. 8206141001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
5. 8206141001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
6. 8206141001 TABLES.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
7. 8206141001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
8. 8206141001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
9. 8206141001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
13. 8206141001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
14. 8206141001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar inovatif berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pokok bahasan analisis anion. Sampel pada penelitian ini adalah dua kelas mahasiswa jurusan pendidikan kimia, FMIPA, Universitas Negeri Medan angkatan 2020. Pengembangan produk dengan model ADDIE. Standarisasi produk dilakukan oleh validator materi dan media masing-masing sebanyak 2 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Analisis sumber belajar pegangan mahasiswa pada pokok bahasan analisis anion memperoleh hasil sebesar 71,75% artinya cukup layak dan tidak perlu revisi. (2) Komponen yang diintegrasikan kedalam sumber belajar inovatif adalah bahan ajar berupa e-modul, paket mini proyek, video pembelajaran dan praktikum. (3) Hasil analisis standarisasi sumber belajar inovatif berbasis proyek oleh validator ahli materi dan media diperoleh sebesar 89,25% artinya sangat layak dan tidak perlu revisi. (4) Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen didapatkan rata-rata sebesar 0,71 (tinggi) sedangkan pada kelas kontrol didapatkan rata-rata sebesar 0,50 (sedang). (5) Kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 85,53 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 79,49. (6) Respon mahasiswa setelah menggunakan sumber belajar inovatif berbasis proyek tergolong sangat baik. (7) Terdapat hubungan positif antara peningkatan hasil belajar dengan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan r = 0,949 (sangat kuat). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang menggunakan sumber belajar inovatif berbasis proyek lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan sumber belajar tersebut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.72 Saf p |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis; Peningkatan Hasil Belajar; Respon;Sumber Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 10:04 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 10:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47556 |