Harahap, Zulfan Idris Shaleh (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif Pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Peserta Didik MTsN 2 Labuhanbatu. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8196172002 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 8196172002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
3. NIM. 8196172002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM. 8196172002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
5. NIM. 8196172002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 8196172002 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM. 8196172002 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 8196172002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (726kB) | Preview
12. NIM. 8196172002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
13. NIM. 8196172002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis validitas, kepraktisan dan
keefektifan lembar kerja siswa interaktif (LKPD) dikembangkan untuk
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian
belajar; dan (2) menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa dan pembelajaran mandiri dengan mengembangkan LKPD
interaktif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D Thiagaradjan.
Dalam penelitian ini dikembangkan LKPD interaktif. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa MTs Negeri 2 Kelas VIII Labuhanbatu dengan pertimbangan bahwa
seluruh kelas VIII MTs Negeri 2 Labuhanbatu mempelajari barisan dan pola
bilangan urut. Dari hasil pengembangan ini diperoleh: (1) Validitas perangkat
pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid; (2) Perangkat
pembelajaran yang dikembangkan yaitu LKPD Interaktif memenuhi kriteria
praktis ditinjau dari hasil keterlaksanaan perangkat pembelajaran; (3) Perangkat
pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif ditinjau dari (i)
persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal, (ii) kadar aktivitas siswa telah
memenuhi batas toleransi waktu ideal, (iii) respon siswa terhadap pembelajaran
positif dari uji coba I ke uji coba II; dan (4) Peningkatan kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa dengan menggunakan LKPD Interaktif pada materi pola
bilangan barisan dan deret meningkat secara signifikan dari uji coba I ke uji coba
II yaitu dengan skor n-gain sebesar 0,70 dengan kriteria tinggi. Selain itu
pencapaian kemandirian belajar peserta didik menggunakan perangkat
pembelajaran LKPD Interaktif, materi pola bilangan barisan dan barisan
mengalami peningkatan yang signifikan pada uji coba kedua dengan presentase
sebesar 80,52% kategori baik pada sikap positif dan sikap negatif dengan
presentase sebesar 81,15% dengan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Har p |
Keywords: | Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemandirian Belajar Peserta Didik. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 08:27 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47546 |