Model Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Melalui Manajemen Pelatihan Berbasis Kompetensi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan SMP Kota Pematangsiantar

Sherly (2022) Model Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Melalui Manajemen Pelatihan Berbasis Kompetensi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan SMP Kota Pematangsiantar. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01 NIM 8196114013 SHERLY - COVER.pdf]
Preview
Text
01 NIM 8196114013 SHERLY - COVER.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 02 NIM 8196114013 SHERLY - APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02 NIM 8196114013 SHERLY - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (708kB) | Preview
[thumbnail of 04 NIM 8196114013 SHERLY - PREFACE.pdf]
Preview
Text
04 NIM 8196114013 SHERLY - PREFACE.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 03 NIM 8196114013 SHERLY - ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03 NIM 8196114013 SHERLY - ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 05 NIM 8196114013 SHERLY - TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05 NIM 8196114013 SHERLY - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 06 NIM 8196114013 SHERLY - ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
06 NIM 8196114013 SHERLY - ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 07 NIM 8196114013 SHERLY - TABLES.pdf]
Preview
Text
07 NIM 8196114013 SHERLY - TABLES.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 08 NIM 8196114013 SHERLY - CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
08 NIM 8196114013 SHERLY - CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 8196114013 SHERLY - BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13 NIM 8196114013 SHERLY - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (709kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui desain model pengembangan keprofesian berkelanjutan guru melalui manajemen pelatihan berbasis kompetensi untuk meningkatkan mutu pendidikan SMP Kota Pematangsiantar; (2) mengetahui efektivitas model pengembangan keprofesian berkelanjutan guru melalui manajemen pelatihan berbasis kompetensi untuk meningkatkan mutu pendidikan SMP Kota Pematangsiantar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek populasi penelitian ini adalah keseluruhan guru SMP Kota Pematangsiantar dan subjek sampel penelitian ini adalah guru SMP Kota Pematangsiantar yang sedang mengusulkan kenaikan pangkat TMT April 2022 dan guru penggerak yang berjumlah 80 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, kuesioner dan tes. Sebelum instrumen digunakan, terlebih dahulu divalidasi oleh pakar untuk mendapatkan kelayakan penggunaan. Uji coba dilakukan sebanyak 2 kali yaitu uji coba terbatas dan uji coba luas. Hasil penelitian yaitu: (1) model pengembangan keprofesian berkelanjutan guru melalui manajemen pelatihan berbasis kompetensi untuk meningkatkan mutu pendidikan SMP Kota Pematangsiantar memiliki keunggulan yaitu langkah-langkah pengembangan keprofesian berkelanjutan guru meliputi analisis, desain dan pengembangan, implementasi dan evaluasi, dapat meningkatkan kompetensi guru dan profesionalisme guru, dikembangkan dengan melibatkan unsur seperti dinas pendidikan, pengawas sekolah, kepala sekolah, guru dan perguruan tinggi, dapat memotivasi guru menjadi pelajar sepanjang hayat dan tingkat kesalahan yang minimal. Hasil uji kelayakan diperoleh nilai 98% (ahli materi), 95% (ahli media) dan 95% (pengguna) dengan kategori sangat layak; (2) nilai N-Gain Score diperoleh nilai g 0,79 > 0,7 (uji coba terbatas) dan g 0,82 > 0,7 (uji coba luas), hasil uji Wilcoxon diperoleh nilai Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05 (uji coba terbatas dan uji coba luas), produk yang dihasilkan 93,33% (uji coba terbatas) dan 84% (uji coba luas) dengan kategori efektif. Efektivitas manajemen pelatihan memperoleh nilai rata-rata 94% dengan kategori sangat baik, penilaian program pelatihan memperoleh nilai rata-rata 92% dengan kategori sangat baik, efektivitas model memperoleh nilai 90% dengan kategori sangat baik artinya model pengembangan keprofesian berkelanjutan guru melalui manajemen pelatihan berbasis kompetensi efektif meningkatkan mutu pendidikan SMP Kota Pematangsiantar.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 373 She m
Keywords: pengembangan keprofesian berkelanjutan; pelatihan berbasis kompetensi; mutu pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Divisions: Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:17
Last Modified: 02 Aug 2022 03:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47116

Actions (login required)

View Item
View Item